Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Beroperasi Seenaknya, Puluhan Dumptruck Ditilang
Oleh : Ali
Rabu | 04-09-2013 | 17:42 WIB
dumptruck ditilang.jpg Honda-Batam
Beberapa dumptruck yang ditilang masih tertahan di Pos Polisi Simpang Batubesar.

BATAMTODAY.COM, Batam - Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Kepri mengamankan dan menilang puluhan dumptruck yang beroperasi di jalan tanpa mengindahkan aturan dan keselamatan pengguna jalan lainnya.

"Puluhan dumptruck yang sedang membawa tanah tanpa menutup rapat muatannya terpaksa kami ambil tindakan dengan melakukan penilangan, karena masih juga tidak menutup muatannya. Padahal sudah kami peringatkan langsung maupun melalui surat edaran," ujar salah seorang petugas Ditlantas Polda Kepri yang berjaga di Pos Batubesar, Rabu (4/09/2013).

Dia mengatakan, setelah ditilang, dumptruck tersebut tidak serta merta diperbolehkan jalan sebelum sopir menutup muatannya dengan terpal.

Dumptruck bermuatan tanah bercampur bauksit yang melintas di depan Pos Lantas Batubesar, katanya, mengambil muatannya dari lokasi pemotongan lahan disepanjang kawasan industri Taiwan.

"Kalau beroperasi siang hari, dumptuck ini akan mengganggu pengendara maupun warga dengan debu maupun tanah yang berjatuhan lantaran baknya tak ditutup," kata dia.

Sebelumnya, Direktur Ditlantas Polda Kepri Kombes Pol Tantan Sulistiana mengaku, penyebab terjadinya kecelakaan di Kepri dan khususnya Batam ada beberapa faktor. Selain karena pengendaranya, juga ada yang disebabkan oleh kondisi jalan raya. Celakanya lagi, banyak operator dumptruck yang tidak mengindahkan keselamatan pengendara yang lainnya.

Editor: Dodo