Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ternyata, Tak Semua Buku Pelajaran Kurikulum 2013 Gratis
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 03-09-2013 | 12:03 WIB
Sekupang-20130902-00010.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Andi Agung saat memperlihatkan tiga judul buku yang disediakan pemerintah. Sisanya, orang tua harus membeli sendiri. (foto: Irwan Hirzal/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Buku pelajaran Kurikulum 2013 di jenjang SMA ternyata tak semuanya disediakan pemerintah. Sejumlah orang tua mesti membeli sendiri buku-buku pelajaran tertentu.


Kabid Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Kota Batam, Andi Agung, mengakui, dari sembilan buku tematik yang dibutuhkan siswa  hanya tiga buku judul buku yang pembeliannya dibiayai pemerintah. Sisanya, murid harus membeli sendiri.

"Ini sudah sesuai intruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)," ujar Andi Agung kepada BATAMTODAY.COM, Selasa pagi.

Tiga buku tematik SMA yang digratiskan itu adalah Bahasa Indonesia, Matematika, dan Sejarah. Sedangkan pelajaran lain seperti PKn, IPA (biologi, fisika dan kima), IPS (geografi, ekonomi, akuntansi), Bahasa Inggris, Seni Budaya, dan Prakarya, harus dibeli sendiri oleh siswa.

"Karena tiga mata pelajaran tersebut siswa harus fokus dan sangat penting dalam program kurikulum baru ini, makanya tiga buku pelajaran itu di gratiskan," terang Andi.

Mengenai harga buku-buku yang harud dibeli sendiri oleh siswa, Andi mengaku belum tahu. Buku-buku tersebut masih dalam tahap pencetakan. Jika buku tersebut sudah diedarkan, murid bisa membelinya di luar sekolah atau di koperasi sekolah.

"Saya hanya khawatir nantinya orang tua murid beranggapan, dengan kurikulum baru ini semua buku digratiskan. Padahal hanya tiga (buku pelajaran) saja. Saya hanya khawatir saja," tukas Andi. (*)

Editor: Dodo