Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mengintip Aksi 'Telanjang' Ducati 1098S
Oleh : Redaksi
Kamis | 29-08-2013 | 09:36 WIB
ducati_non_fairing.jpg Honda-Batam
Ducati 1098S saat melepas 'baju' mogenya.

BATAMTODAY.COM, Sidney - Apa jadinya jika sosok garang full-fairing superbike Ducati 1098S harus menanggalkan seluruh 'baju' yang melekat padanya. Inilah jawaban atas pertanyaan tersebut, modifikasi Ducati ala street naked-bike.

Modifikasi yang dilakukan oleh Shed X Customs ini bisa dibilang sebagai modifikasi yang lebih ringkas dan praktis. Memang prosesnya tak semudah melihat sosok ringkas pada ubahan moge bergaya sport naked-bike ini.

Rumah modifikasi yang berasal dari negeri Kangguru --Australia, ini harus rela memotong subframe atau rangka mesin dari tengah hingga belakang. Hal ini ditujukan untuk lebih memudahkan pembuatan bodywork dan jok single baru.

Bentuk buritan yang terlihat klasik namun tetap mengesankan keringkasan menggantikan desain pabrikan yang syarat dengan lekukan agresif. Headlamp bergaya dua sorot mata yang tajam khas Ducati harus diganti dengan single reflektor untuk memberikan kesatuan tema yang sederhana.

Kemudian untuk memberikan performa dan raungan mesin yang lebih ekstrim, sang modifikator mengganti semua sistem knalpot bawaan pabrik dengan part custom merk Radical Ducati dan silincer merk Spark. Dengan demikian terpotong sudah 12kg bobot knalpot sebelumnya dan tenaga sebesar 160 hp pun didapatkannya.

Sebagai langkah akhir pengerjaan, semburan cat putih berpadu dengan grafis biru sederhana yang melintang di sepanjang bagian atas bodywork ala racing klasik sedang rangka diberi kelir biru, mampu memberikan kesan yang jauh berbeda dari wujud 1098S aslinya.

Sumber: Otosia.com