Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BP Batam Tak Tahu PT Shin-Etsu Magenitics Indonesia Tutup
Oleh : Gokli
Rabu | 28-08-2013 | 20:28 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP Batam) belum mengetahui jika PT Shin-Etsu Magenitics Indonesia tutup. Sebab, permohonan pencabutan izin usaha sesuai dengan undang-undang yang berlaku belum mereka terima.

Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan, mengatakan, suatu perusahaan bisa dipastikan tutup apabila izin usahanya sudah dicabut. Sama halnya dengan PT Shin-Etsu Magenitics Indonesia yang terletak di Kawasan Batamindo Industrial Park, Mukakuning, Batam, sampai saat ini belum dicabut izin usahanya lantaran belum ada permohonan dari pihak perusahaan itu.

"Perusahaan itu harus memenuhi peraturan perundang-undangan. Kalau perizinan pencabutan izin usaha sudah diterbitkan, baru bisa dipastikan hengkang atau tutup," jelas Ilham kepada BATAMTODAY.COM, sore tadi.

Informasi yang berhasil dihimpun portal ini, PT Shin-Etsu Magenitics Indonesia sudah tidak beroperasi sejak awal Agustus 2013 lalu. Sebanyak 470 karyawan perusahaan kehilangan mata pencaharian. Hal ini jelas menambah angka pengangguran di Kota Batam.

Sebanyak 70 karyawan permanen, dan 400 karyawan kontrak dijanjikan akan mendapatkan haknya dari pihak manajemen. Sehingga tidak beroperasinya perusahaan itu tidak terlalu menimbulkan konflik bagi para karyawan.

Berbeda halnya dengan PT Sun Creation Indonesia (SCI) Batam. Sampai saat ini, 732 karyawan di perusahaan itu masih terlunta-lunta lantaran pihak manajemen tidak bertanggung jawab. Bahkan, kabur tanpa ada kejelasan. (*)

Editor: Dodo