Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mabes Polri Pastikan M Syarif Sebagai Pelaku Bom Bunuh Diri
Oleh : Tunggul Naibaho
Senin | 18-04-2011 | 18:06 WIB

Jakarta, batamtoday - Mabes Polri akhirnya memastikan kalau Muhamad Syarif memang adalah pelaku bom bunuh diri sekaligus sebagai satu-satunya korban tewas pada ledakan di Masjid Adz-Dzikro di Kompleks Mapolresta Cirebon, Jawa Barat, yang terjadi pekan lalu, Jumat, 15 April 2011.

Kepastian itu sebenarnya sudah didapat polisi sejak kemarin, namun tampaknya data tentang M Syarif belum terlalu banyak didapat pihak kepolisian, sehingga baru hari ini, Senin 18 April 2011, Mabes Polri, melalui jurubicara utamanya, Irjen Anton Bachrul Alam, meyampaikan kepastian bahwa M Syarif adalah pelaku bom bunuh diri di Cirebon, kepada publik.

"Hasil tes DNA membuktikan secara ilmiah dan tidak terbantahkan bahwa M Syarif adalah pelaku bom bunuh diri di Masjid Adz-Dzikro, di kompleks Mapolresta Cirebon," demikian ujar Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Anton Bachrul Alam kepada wartawan siang ini di Mabes Plri.

Anton mengatakan, pembuktian dari sidik jari, polisi menemukan setidaknya ada 12 sidik jari yang sama milik korban yang dicocokan dengan SIM pelaku.

Pada kesempatan itu, Kapusdokkes Mabes Polri Brigjen Pol Mussadeq, menambahkan bahwa Polri menggunakan 3 faktor untuk identifikasi yaitu, sidik jari, gigi, dan DNA.

"Dan ketiganya, match, jadi tidak diragukan lagi tentang identitas pelaku adalah M Syarif," tegas Mussadeq.