Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tes CPNS 2013 Gunakan Sistem LJK dan CAT
Oleh : Redaksi
Senin | 19-08-2013 | 21:24 WIB
setiawan-wangsaatmaja.jpg Honda-Batam
Setiawan Wangsaatmaja, Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) dibagi dalam dua metode, yakni sitem yang menggunakan lembar jawab komputer (LJK) dan sistem Computer Assested Test (CAT).

Dilansir dari laman Kementerian Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Senin (19/8/2013), tes untuk peserta yang menggunakan sistem CAT akan dimulai pada tanggal 29 September 2013. Sementara tes CPNS melalui sistem LJK baik dari kategori 2 maupun pelamar umum, direncanakan digelar secara serentak pada tanggal 3 November 2013.

"Ada 19 kementerian dan lembaga yang telah mendaftar untuk difasilitasi pelaksanaan tes CPNS 2013 dengan sistem CAT,” ujar Setiawan Wangsaatmaja, Deputi Bidang SDM Aparatur, Kementerian Pendayaagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), di Jakarta. 

Hari ini, Menteri PAN-RB, Azwar Abubakar, menerima master soal Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) untuk ujian CPNS tahun 2013, yang yang disusun oleh Konsorsium 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Penyerahan master soal yang dilakukan di Kementerian PANRB itu dihadiri oleh tim Panselnas Pengadaan CPNS antara lain dari Lemsaneg, Kemendikbud, Puspendik, BKN, BPPT, BIN, dan konsorsium PTN. 

Sekretaris Menteri PAN-RB, Tasdik Kinanto, mengimbau kepada para pelamar yang ikut ujian CPNS baik dari pelamar umum maupun honorer K2, agar jangan terkecoh dan terbujuk rayu, iming-iming  orang bisa meluluskan menjadi CPNS. 

“Lebih baik laporkan saja ke Kementerian PANRB apabila ada orang yang menyatakan demikian," tegas Tasdik.(*)

Editor: Dodo