Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Muktamar PPP

Muqowan Dapat Restu Mbah Maemun Jadi Ketua Umum PPP
Oleh : Surya Irawan
Minggu | 17-04-2011 | 17:39 WIB

Jakarta, batamtoday - Ketua Majelis Syariah DPP PPP KH Maemun Zubaer merestui Ahmad Muqowam maju sebagai  Ketua Umum DPP PPP pada Muktamar VII mendatang. Kiai kharismatik itu berpesan agar Muqowam dapat membesar PPP dan berpegang teguh Islam sebagai landasan perjuangannya. Mengingat partai berlambang Ka’bah itu kini diterpa keterpurukan hasil Pemilu 2009 lalu turun perolehan suara.

“Saya mendapat pesan dari Mbah Maemun untuk maju dalam pencalonan ketua umum PPP mendatang,” kata Ahmad Muqowam, Ketua DPP PPP di Jakarta, Minggu (17/4).

Seperti diketahui, pada Kamis (14/4) lalu,  Ahmad Muqowam didampingi Ketua DPW PPP Jawa Tengah Arief Mudatsir Mandan dan Anggota Majelis Syari’ah DPP PPP KH Masyhuri Malik datang silaturahmi ke kediaman KH Maemun Zubaer. Mugowan yang juga Ketua Komisi IV yang membidangi Kehutanan, Pertanian dan Perikanan itu meminta restu KH Maemun Zubaer untuk maju sebagai kandidat ketua umum dalam Muktamas PPP pada Juli 2011 mendatang.

Mbah Maemun begitu ia sapaan Kiai yang dihormati itu, meminta agar PPP kedepan lebih besar dan dapat memberi manfaat untuk umat dan Indonesia. Karena itu melalui  Muktamar PPP mendatang, Mbah Maemun beresan hendaknya hal ini dijadikan tekad bagi semua kader menyongsong hari depan labih baik lagi. 

Seementara itu, pada peresmian markasnya sebagai Pusat Informasi AMQ yang berlokasi di Jalan Jaya Mandala I, No 10 Jakarta Selatan Kamis malam (14/4).  Acara Peresmian Pusat Informasi berlangsung sederhana  yang diawali dengan pengajian dan dihadiri sejumlah pengurus DPC dan DPW PPP dari berbagai wilayah DKI Jakarta,Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Lampung, Kalimantan, Sulawesi, Maluku.

Selain itu tampak hadir Wakil Ketua Umum DPPP Chozin Chumaidy,  Ketua DPP PPP yang juga Wakil Ketua MPR Lukman Saefuddin, dan ormas Islam pendiri PPP dari unsur MI Sekjen DPP Parmusi yang juga Ketua DPP, Imam Suharjo, Ketua Umum DPP Perti Anwar Sanusi. Sehingga acara itu seakan-akan menjadi ajang deklarasi dukungan untuk Ahmad Muqowm sebagai ketua umum PPP 2011-2016, karena semua unsur yang hadir memberikan padangan dan support.   

“Posko Ini untuk menjawab permintaan DPC-DPC dan DPW PPP yang menginginkan perubahan dalam tubuh partai. Kami mewujudkannya dengan memfasilitasi Pusat Informasi bagi DPCDPC dan DPW untuk merumuskan perubahan-perubahan menuju partai yang lebih baik,”ujar Muqowam.

Menurut dia, peresmian Pusat Informasi AMQ bukanlah  sebagai deklarasi, tetapi merupakan fasilitas  untuk merumuskan ide dan gagasan  bagi usaha-usaha  mempertahankan eksistensi PPP di tengah arus kemerosotan dan keterpurukan partai. “Saya banyak menerima aspirasi dari DPC-DPC dan DPW menginginkan perubahan bagi masa depan partai. Dengan adanya fasilitas Pusat Informasi, kami bisa berkumpul antar DPC, DPW dan simpatisan mengembalikan kejayaan PPP.

Seperti diketahui 32 DPW PPP sudah menyelenggarakan Musyawarah Wilayah , kecuali Papua. Jumat (15/4) PPP menyelenggarakan Musyawarah Kerja Nasional,  diantaranya mengandekan menentukan tempat dan waktu penyelenggaraan Muktamar VII PPP. Mukernas diikuti peserta utusan Wilayah PPP se Indonesia, Pimpinan Majelis Syariah, Majelis Pertimbangan, Majelis Pakar, Pimpinan Departemen dan Lembaga.

 Sementara itu diketahui, internal partai terutama dari arus bawah PPP cabang-cabang diberbagai daerah seluruh Indonesia banyak yang kecewa terhadap hasil Pemilihan Umum 2009 menurun drastis 38 DPR RI, sebelumnya partai ini berhasil meraih 58 kursi di parlemen.