Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Biobulb, Lampu dari Bakteri E.coli
Oleh : Redaksi
Sabtu | 17-08-2013 | 12:37 WIB

BATAMTODAY.COM, Wisconsin - Sekelompok mahasiswa di University of Wisconsin-Madison, meluncurkan sebuah bola lampu Biobulb. Jika Thomas Alfa Edison perlu memijarkan filamen untuk menghasilkan cahaya, para mahasiswa itu justrumemanfaatkan bakteri agar bola lampu bisa bersinar dalam gelap.

Ide dasarnya adalah menciptakan "ekosistem dalam botol", dengan mengambil keuntungan dari sejumlah mikroorganisme dan cahaya alami untuk memberi makan bakteri yang bersinar. Dilansir dari laman Inhabitat, biobulb itu menggunakan strain E.coli yang telah direkayasa untuk memasukkan plasmid yang mengkode gen untuk menghasilkan bioluminescence (menghasilkan cahaya secara biologis). 

Bakteri diberi makan oleh sejumlah mikroorganisme lainnya yang dipilih oleh tim untuk memainkan peran unik dalam mendaur ulang nutrisi. Dengan menciptakan "bola lampu hidup", kelompok mahasiswa itu berharap mempromosikan bidang biologi sintetik. 

Usai proyek iini, mereka berencana untuk bereksperimen dengan protein yang berbeda untuk memaksimalkan jumlah cahaya yang dilepaskan oleh bakteri. Mereka juga berharap dapat menemukan cara untuk menghindari mutasi, kode untuk emisi warna yang berbeda, dan mulai bereksperimen dengan pemicu yang berbeda untuk "membujuk" bakteri mengeluarkan cahaya.

Biobulb tersebut akhirnya menjadi finalis dalam Popular Science # CrowdGrant Challenge dan menjadi bahan bagi kampanye RocketHub. (*)

Editor: Dodo