Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sampah Per Hari Capai 1.650 Ton, DKP Segera Bikin Bank Sampah
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 13-08-2013 | 15:11 WIB
faisal_reza_dkp.jpg Honda-Batam
Kepala Bidang Kebersihan DKP Kota Batam, Faisal Riza.

BATAM, batamtoday - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam akan membuat Bank Sampah akhir tahun ini menyusul meningkatnya volume sampah yang per harinya bisa mencapai 1.650 ton.

Kepala Bidang Kebersihan DKP Kota Batam, Faisal Riza mengatakan rata-rata dalam sehari sampah yang diangkut ke TPA sebanyak 1.650 ton sampah rumah tangga dan 650 ton dan sampah industri.
 
"Banyaknya sampah ini membuat DKP akan membuat Bank Sampah hal ini dilakukan agar mengurangi sampah yang berada di tempat penitipan sementara (TPS)," ujar Faisal, Selasa (13/8/2013).

Pembuatan Bank Sampah ini didasarkan pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 81 tahun 2012 tentang pengelolaan sampah rumah tangga agar dapat ditimbulkan manfaat keekonomian dari limbah ini.
 
Menurut Faisal  pengelolaan sampah sebagai layaknya manajemen sebuah Bank dimana dalam pengelolaan organisasninya dilengkapi dengan pengurus dan manajemen mulai dari Komisaris dan Direktur serta sejumlah karyawan yang akan memproses penerimaan pengumpulan dan pemilahan hingga akhirnya sampah yang terkumpul itu bernilai ekonomis
 
"Bank sampah ini nantinya akan melayani unit pengumpul yang kemudian dikelola secara profesional seperti pengelolaan Bank selain itu wadah atau orang yang menyetorkan sampah akan diberikan dalam bentuk tabungan dimana tabungan itu bisa diambil setiap bulannya," ujar  Faisal.

Sampai saat ini pihaknya tengah menyusun segala kelengkapan administrasi pendirian Bank Sampah itu di bawah naungan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Batam.

Editor: Dodo