Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lima Produsen Ponsel Papan Atas Akui Gunakan Timah Pulau Bangka
Oleh : Redaksi
Selasa | 06-08-2013 | 10:55 WIB
tambang timah bangka.jpg Honda-Batam
Tambang timah di Pulau Bangka. (Foto: Info Pertambangan)

LONDON, batamtoday - Lima produsen smartphone papan atas telah mengakui menggunakan timah yang ditambang dari Pulau Bangka, Indonesia. Kelima produsen smartphone itu adalah perusahaan yang menelurkan Blackberry, Sony, Nokia, Motorola, dan LG.

"Kami juga menanyakan produsen ponsel top lainnya, Apple, dengan pertanyaan yang sama  apakah mereka menggunakan timah yang merusak hutan, terumbu karang dan mata pencaharian di Indonesia?" kata Julian Kirby, Senior Campaigner, seperti yang dilansir laman Friends of The Earth UK (FOE), akhir Juli lalu.

Lebih dari 25.000 pendukung FOE mengirimkan email kepada Apple yang menanyakan tentang timah dalam produk mereka. Tidak heran jika Blackberry, Sony, Nokia dan Motorola dan LG, bersedia menjawab pertanyaan FOE. Dan, kelima perusahaan telah mengaku menggunakan timah dari Pulau Bangka, Indonesia, dan berkomitmen untuk mencari solusi jangka panjang.

"Sungguh fantastis ketika Blackberry, LG, Motorola, Nokia, dan Sony telah bergabung Samsung dan Philips dalam memimpin jalan menuju masa depan yang lebih adil di Pulau Bangka. Merek-merek ini harus ucapan selamat atas upaya untuk mengatasi masalah dalam pasokan mereka," ujar Julian.

Sayangnya, imbuh Julian, pihak Apple masih tidak akan mengakui telah menggunakan timah dari Pulau Bangka. Namun, Apple berjanji akan menyelidiki masalah ini.

"Saya senang bahwa pembuat ponsel telah mulai terbuka dan jujur tentang keberadaan timah Bangka dalam rantai pasokan mereka. (Apple) juga harus mengakui dengan jelas menggunakan timah Pulau Bangka dalam produk mereka, dan mereka memiliki tanggung jawab untuk membantu mengurangi kerusakan lingkungan dan sosial yang disebabkan penambangan timah di daerah," kata Julian. (*)

Editor: Dodo