Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Buruh PT SCI Batam Ancam Duduki Gedung DPRD
Oleh : Gokli
Jum'at | 26-07-2013 | 14:20 WIB

BATAM, batamtoday - Ratusan buruh PT Sun Creation Indonesia (SCI) mengancam akan menduduki gedung DPRD Kota Batam, di Batam Centre. Mereka menuntut Pemerintah Kota Batam bertanggung jawab atas kaburnya pihak manajemen yang belum membayar hak-hak buruh.


Ketua PUK FSPMI PT SCI Batam, Sodikhin, mengatakan, sebanyak 732 buruh akan menduduki gedung wakil rakyat pada Senin (29/7/2013) depan. Pasalnya, gaji untuk bulan Juli 2013 belum dibayar oleh pihak manajemen PT SCI.

Tak hanya itu, nasib para buruh di PT SCI hingga kini tidak jelas setelah ditinggal pergi oleh manajemen asal Jepang. Selain upah, buruh juga menuntut pembayaran tunjangan hari raya, dan jika perusahaan benar-benar tutup maka pesangon juga harus dibayar.

"Pemerintah Kota Batam harus bertanggung jawab dengan nasib kami (buruh PT SCI, red). Rencana menduduki gedung DPRD ini juga supaya hati mereka tergerak untuk membela hak-hak buruh, dan supaya para wakil rakyat itu bisa melihat apa yang kami alami saat ini," terang Sodikhin, Jumat (26/7/2013) siang.

Informasi yang dihimpun batamtoday, aset yang ditinggal oleh manajemen tak mencukupi untuk membayar semua hak-hak buruh. Untuk gaji bulan Juni saja sudah mencapai Rp1,7 miliar, sementara THR mencapai Rp1,2 miliar. Belum lagi pesangon yang diperkirakan mencapai Rp7 miliar.

Aset yang ada saat ini di dalam perusahaan untuk hitungan sementara buruh berkisar Rp8 miliar, sesuai harga baru. Nilai itu jelas tak mencukupi untuk menalangi semua hak-hak buruh di perusahaan tersebut. (*)

Editor: Dodo