Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penuhi Suplai Listrik di Sumatera, PLN Beli Listrik dari PLTA Merangin
Oleh : Redaksi
Kamis | 25-07-2013 | 22:45 WIB

JAKARTA, batamtoday - PT PLN (Persero) akan membeli tenaga listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Merangin berkapasitas 350 megawatt (MW). Hal itu dilakukan untuk memenuhi pertumbuhan permintaan listrik di Sumatera.


PLTA Merangin yang berlokasi di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi ini akan menggunakan tenaga air dari danau Kerinci. PLTA akan dibangun dan dioperasikan oleh PT Kerinci Merangin Hidro. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PT PLN dengan PT Kerinci Merangin Hidro ditandatangani hari ini, Kamis (25/7/2013).

Dengan ditandatanganinya MoU tersebut, maka rencana pembangunan PLTA Merangin 350 MW yang sempat tertunda sejak 2010 lalu akan kembali diteruskan. PLN dan PT Kerinci Merangin Hidro memiliki komitmen yang sama untuk mewujudkan pembangunan pembangkit listrik yang memanfaatkan potensi air.

Direktur Utama PLN, Nur Pamudji, mengatakan, kini PLN mulai menerapkan pendekatan baru untuk menjamin kesuksesan listrik swasta yaitu dengan melibatkan pihak bank sejak awal saat bernegosiasi dengan pihak swasta. Karena itu pihak BRI diundang juga untuk menyaksikan penandatanganan rencana pembelian tenaga listrik tersebut. 

“Dengan pendekatan baru ini diharapkan proyek-proyek listrik swasta bisa mencapai tahap financial close lebih cepat sehingga pembangunan proyek bisa segera dimulai,” kata Nur, dalam siaran persnya. (*)

Editor: Dodo