Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buruh PT SCI Batam Jaga Aset Perusahaan 24 Jam
Oleh : Gokli
Rabu | 24-07-2013 | 16:13 WIB

BATAM, batamtoday - Ratusan buruh PT Sun Creation Indonesia (SCI) Batam menjaga aset perusahaan selama 24 jam. Aset tersebut merupakan jaminan bagi buruh untuk hak-hak yang dibayar oleh manajemen asal Jepang.

Rabu (24/7/2013) ratusan buruh berkumpul di lokasi perusahaan. Sebagian besar dari mereka memiliki tempat tinggal yang jauh dari lokasi perusahaan. Otomatis untuk datang ke perusahaan, buruh itu harus mengeluarkan biaya lagi, meski penghasilan mereka sudah tidak jelas.

"Belum ada kepastian, tiap hari harus datang untuk jaga asset, uang tak ada lagi," aku Masri, salah seorang buruh warga Batuaji.

Informasi dari beberapa buruh, total gaji yang mereka tunggu dari pihak manajemen mencapai Rp1,2 miliar. Untuk THR sama sepeti tahun-tahun sebelumnya mencapai Rp2,16 juta per orang.

Sementara nilai total aset yang ada saat ini di perusahaan tak mencukupi untuk membayar satu bulan gaji. Kondisi ini yang membuat buruh semakin terpukul, usai ditinggal kabur oleh manajemen asal Jepang itu.

Tak banyak hal yang dapat dilakukan oleh para buruh itu. Mereka berharap campur tangan Pemerintah untuk mendesak manajemen yang ada di Jepang supaya hak-hak buruh diselesaikan.

"Selain menjaga aset kami juga berharap.Pemerintah turut campur jangan jadi penonton saja," ujar buruh lainnya, saat didatangi batamtoday ke lokasi perusahaan.

Editor: Dodo