Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Daging Sapi Dan Ayam juga Turun

Harga Berbagai Kebutuhan Dapur Turun
Oleh : Sumantri
Selasa | 12-04-2011 | 13:17 WIB
Harga_Dagin_mengalami_penurunan_tipis_hari_ini.jpg Honda-Batam

Seorang pedagang daging di pasar Tos 3000 di kawasan Jodoh, batam. Foto (Sumantri).

Batam, batamtoday - Harga berbagai kebutuhan dapur hingga hari ini sebagian besar mengalami penurunan tipis. Pantauan batamtoday di pasar Tos 3000 jodoh, pada hari ini, Selasa, 12 April 2011, menunjukkan harga cabai baik merah maupun rawit berada di kisaran Rp20.000 per kg.

Penurunan harga bahan-bahan yang masuk dalam kelompok sembako, menurut Mirna, salah seorang penjual sayur-sayuran di pasar Tos 3000, disebabkan oleh cukup bahkan cenderung meningkatnya stok bahan-bahan tersebut di pasar traditional di Batam.

"Sudah dari empat hari kemarin secara bertahap turun, kalau bulan lalu cabai bisa mencapai Rp30 ribu perkilo, sekarang harga cabai merah atau rawit menjadi Rp20 ribu perkilo," tutur Mirna, kepada batamtoday, Selasa, 12 April 2011.

Sementara itu, harga sembako dari kelompok daging, seperti daging sapi dan ikan segar juga mengalami penurunan dengan kisaran Rp1.000 - Rp2.000. Menurut Arman salah seorang penjual daging beku, baik sapi maupun ayam, harga komoditi ini relatif stabil.

"Kalaupun turun, penurunannnya tidak tak terlalu dalam, paling seribu sampai dua ribu rupiah saja, seperti hari ini harga daging sapi Rp53 ribu, turun seribu dibanding tiga hari lalu," terang Arman.

Di sisi lain, harga sayur-mayur juga turun, seperti kangkung, bayam, daun singkong, sawi berada di kisaran Rp1.000 - Rp2.000 per ikat. Pergerakan bisnis di pasar traditional Tos 3000, masih stabil meski fluktuasi harga berabagai komoditas masih menjadi kekhawatiran pedagang akibat tidak adanya jaminan pemenuhan stok yang baku dari pemerintah untuk barang-barang sembako.

Pada musim tertentu, kerap kali, harga kebutuhan utama kelompok sembako seperti cabai bisa melambung tinggi. Untuk itu, pedagang mengharapkan adanya jaminan ketersediaan atau stok yang berkelanjutan, untuk menghindari praktek kartel di pasar tradisional, seperti di pasar Tos 3000 dan pasar tradisional lainnya di Batam.