Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Semester Pertama 2013, 51 Perusahaan Berminat Investasi di Batam
Oleh : Roni Ginting
Senin | 15-07-2013 | 10:38 WIB
Ilham-Eka-Hartawan.jpg Honda-Batam
Ilham Eka Hartawan.

BATAM, batamtoday - Hingga semester pertama tahun 2013, perusahaan asing yang menyampaikan niatnya untuk berinvestasi di Batam sebanyak 51 perusahaan dengan nilai investasi sebesar 77,28 juta dolar Amerika Serikat.

Dikatakan oleh Ilham Eka Hartawan, Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, bagi calon investor yang telah menyatakan niatnya untuk membuka usaha di kawasan perdagangan bebas Batam diberikan waktu selama tiga tahun untuk merealisasikan investasinya.

"Dengan catatan setiap enam bulan akan dilihat sejauh mana keseriusan mereka," ujar Ilham, Senin (15/7/2013).

Para investor, lanjut Ilham akan menanamkan modal bidang industri perkapalan, penunjang minyak dan gas, jasa perdagangan, konstruksi, industri bio ethanol dan bio energi, industri pengolahan kembali minyak pelumas dan pembangkit listrik.

"Para investor berasal dari kawasan  Asia seperti China, Taiwan, Jepang, Korea, Malaysia, Singapura. Ada juga investor berasal dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, dan kawasan Eropa termasuk Eropa Timur," terangnya.

Ditambahkan Ilham, BP Batam saat ini mulai mengutamakan perusahaan dengan produk berwawasan lingkungan (green industry) untuk berinvestasi di Batam guna menjaga kelestarian sumber daya alam.

"Saat ini kami sudah menentukan target beberapa perusahaan yang ada di China, Taiwan dan beberapa negara di Eropa dengan konsep green industry," kata Ilham.

Editor: Dodo.