Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ramuan Kunyit Bagus untuk Daya Tahan Anak Selama Puasa
Oleh : Dodo
Sabtu | 13-07-2013 | 12:24 WIB

BATAM - Kondisi tubuh yang selalu sehat dan bugar selama menjalani ibadah puasa merupakan hal penting untuk mencapai kesempurnaan ibadah. Berpuasa dianjurkan bagi mereka yang telah dewasa. Tapi tak menutup kemungkinan anak juga belajar berpuasa.

Namun saat menjalankan puasa, ada kecenderungan menurunnya stamina. Terutama pada anak-anak yang baru belajar berpuasa. Selain mengkonsumsi multivitamin, Anda dapat mengatasi turunnya stamina dengan bahan herbal.

"Meski sifatnya alami (herbal) namun harus tetap diperhatikan dosisnya. Ini karena tubuh anak lebih sensitif dibandingkan orang dewasa," kata praktisi herbal homeopathy, Tjok Gde Kerthyasa, dikutip dari Viva, Sabtu (13/7/2013).

Menurut Tjok, bahan dapur seperti kunyit bermanfaat untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh anak. Bukan hanya itu, jeruk nipis seperti diungkapannya, juga bermanfaat untuk antiseptik dalam tubuh. Terkait hal tersebut, ia memberikan resep untuk meningkatkan stamina anak selama berpuasa.

Bahan:

- 250 ml air panas
- Jahe 1/2 rimpang jari
- Kunyit 1/2 rimpang jari
- Jeruk nipis 1/2 buah
- Kayu manis 1 batang
- Madu asli 2 sendok teh

Cara membuat:

- Jahe dan kunyit digeprek, kemudian dimasukkan ke dalam poci atau gelas yang berisi air untuk diseduh. Tutup dan diamkan selama lima menit. 
- Saring seduhan jahe dan kunyit ke dalam gelas, campurkan dengan perasan jeruk nipis, madu, dan aduk dengan batang kayu manis. 
- Konsumsi minuman ini satu sampai dua kali sehari (saat sahur atau setelah berbuka puasa).

Perhatikan:

- Ramuan untuk anak dibuat dengan cara menyeduh bukan direbus atau digodok. Ini untuk menghindari ramuan yang terlalu keras atau rasa pahit.
- Untuk orang dewasa, bahan yang digunakan dua kali lipat dari resep anak. 

Sumber: viva.co.id