Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pedagang Musiman Padati Tiban Center
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 10-07-2013 | 18:06 WIB

BATAM, batamtoday - Pasar Tiban Center, Rabu (10/07/2013), semakin padat dibanding biasanya. Pedagang musiman terlihat mulai membangun lapak untuk menggelar dagangan berbuka puasa. Rupanya, sejumlah ibu rumah tangga dan remaja memanfaatkan bulan suci Ramadan untuk mencari tambahan rezeki dengan menjual berbagai macam makanan buka puasa.

Fitri, warga Sekupang, mengaku selalu menggelar dagangannya saat bulan puasa. Di Pasar Tiban, Fitri menjual berbagai macam penganan untuk berbuka puasa seperti timpan, ondel-ondel, tahu goreng, dan yang lainnya.

Menurut dia, berjualan kue berbuka puasa dilakukannya untuk mencari uang tambahan dana Lebaran dan juga untuk mengisi waktu luang menjelang berbuka puasa.

"Hanya ingin tambah-tambah uang Lebaran saja. Anak saya kan tiga. Kue-kue ini pun kami buat sendiri," ujar Fitri kepada wartawan. 

Harga makanan yang ditawarkan pun, kata Fitri, murah meriah yakni hanya Rp1.000 per biji. "Harga bahan pokok untuk membuat kue hampir semuanya naik. Jadi sulit untuk menjual di bawah Rp1.000 per biji," kata Fitri.

Ketika ditanya mengenai keuntungan yang didapatkan dari menjual penganan berbuka itu Fitri mengaku tidak bisa memastikan. Karena, semua bermula dari bahan pokok pembuatan kue dan cara mengukur takaran besar kecil kue itu sendiri. Namum itu semua hanya sebuah usaha

"Yang jelas terus berusaha. Walau hanya menjual penganan berbuka puasa semua itu kita serahkan kepada Yang Kuasa," pungkasnya

Seri, pedagang kagetan lainnya, mengatakan, bulan Ramadhan merupakan kesempatan untuk menambah rezeki yang datangnya hanya sekali setahun. "Bulan Ramadhan merupakan bulan membawa berkah bagi kami sekeluarga," ujar Seri.

Menurut warga Tiban 3 ini, setiap bulan Ramadhan ia beserta keluarga memanfaatkannya untuk berjualan keperluan buka puasa, seperti cendol, kelapa muda, es buah, dan kue-kue khas melayu.

"Meskipun hanya sebulan, untungnya lumayan buat merayakan Idul Fitri," kata Serisambil tersenyum.

Hingga berita ini diturunkan, Pasar Tiban Center semakin ramai dikunjungi warga setempat menjelang berbuka puasa ini. Akibatnya  kemacetan arus lalu lintas dari Sekupang menuju Tiban tak terelakkan.

"Pedagang musiman ini sangat menguntungkan. Soalnya saya pulang kerja terlalu sore sehingga tidak bisa menyediakan makanan berbuka puasa," ujar Terry, salah seorang pengunjung pasar Tiban Center. (*)

Editor : Dodo