Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Ramadhan, Harga Cabai Merah di Batam Naik 90 Persen
Oleh : Sherlyna
Jum'at | 05-07-2013 | 16:35 WIB

BATAM, batamtoday - Jelang Ramadhan yang tinggal menghitung hari, harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Batam melonjak naik hingga 90 persen, Jumat (5/7/2013).

Di Pasar Botania, Batam Centre, harga cabai pada pekan lalu masih berada di kisaran Rp 24 ribu per kilogram. Namun kini harga komoditas pedas itu bertengger di Rp 40 ribu hingga Rp 45 ribu.

"Hargannya naik secara bertahap, kenaikan mulai terjadi sejak harga BBM naik bulan lalu, dan disusul dengan menyambut bulan Ramdhan," kata Kelvin, pedagang sayur dan sembako di Pasar Botania.

Selain cabai merah, sembako lain juga turut naik, seperti sayur-sayuran, contohnya sawi, yang tadinya Rp 7 ribu kini naik hingga Rp 8 ribu sampai Rp 9 ribu per kilogram.

"Bahan sembako lainnya juga mengalami kenaikan seperti telor kemarin hargannya per butir Rp1000 sekarang per butirnya Rp1200, bawang merah dari Rp 24 menjadi Rp35 ribu per kilonnya"  terang Kelvin.

Kenaikan yang sama juga terjadi pada bahan sembako lainnya sepeti ayam segar naik dari Rp 24 ribu kini Rp 35 ribu per kilogram.

"Untuk daging sapi saat ini juga mengalami kenaikan namun kenaikan masih terbilang kecil dibandingkan tahun lalu menjelang bulan Ramadhan yaitu sebelumnya Rp 60 ribu kini menjadi Rp 65 ribu per kilonnya," kata Benget, pedagang daging sapi.

Editor: Dodo