Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Siapkan Pinjaman Rp 1,5 Triliun Tahun 2013

Masih Banyak Daerah Belum Manfaatkan Pinjaman PIP
Oleh : Hendra Zaimi
Kamis | 04-07-2013 | 13:30 WIB

BATAM, batamtoday - Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia siap mengucurkan pinjaman senilai Rp 1,5 triliun untuk tahun 2013 untuk pinjaman dana investasi kepada daerah, namun sampai saat ini masih banyak daerah yang belum memanfaatkan pinjaman dari PIP.

"Masih banyak daerah yang masih belum memanfaatkan pinjaman dari PIP, padahal tahun 2013 ini PIP siap mengucurkan dana 1,5 triliun," kata Kepala PIP, Soritaon Siregar di sela-sela  acara Investment Gathering dan Workshop Pinjaman Daerah 2013, Kamis (4/7/2013).

Padahal menurut Saritaon, persyaratan untuk memperoleh pinjaman dari PIP sangatlah mudah, pemerintah daerah hanya mempersiapkan syarat-syarat antara lain, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tiga tahun terakhir hasil audit Badan Pemeriksa Keaungan (BPK), Surat pesetujuan DPRD hingga rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) daerah.

"Termasuk didalam persyaratan itu adanya Perda tentang Pinjaman dan surat pernyataan tanggung jawab mutlak kepala daerah dalam proyek yang diajukan dari pinjaman ke PIP," terang Soritaon.

Jika seluruh persyaratan sudah dipenuhi dan hasil analisis kelayakan dan risiko dinilai bagus, lanjut Soritaon, PIP akan mengucurkan dana pinjaman ke daerah yang mengajukan pinjaman.

"Bunga yang diberikan juga sangat kecil dan terjangkau oleh pemerintah daerah, yakni berdasarkan BI Rate plus 2 persen, dan bisa dilunasi sesuai dengan kemampuan daerah tersebut," tegasnya.

Berdasarkan data realisasi pinjaman daerah, hingga tahun 2013 ini PIP telah menyalurkan pinjaman sebanyak Rp 1.534.667.583.000,- terdiri dari 12 pengajuan pinjaman tahun 2013 dan satu pinjaman di tahun 2013.

"Sebagain pinjaman diajukan daerah untuk pembangunan jalan, pasar, rumah sakit dan terminal," tutup Soritaon.

Editor: Dodo