Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bir Ini Berwarna Sebiru Lautan Okhotsk
Oleh : Dodo
Rabu | 03-07-2013 | 12:20 WIB
bir_biru.jpg Honda-Batam
(Foto: food.detik.com)

TOKYO - Bir biasanya berwarna kuning emas, cokelat, atau kehitaman. Namun, bir satu ini justru berwarna biru. Berbeda dengan blue curacao atau Pepsi blue yang menggunakan pewarna sintetis, bir ini memakai pewarna alami.

Minuman beralkohol yang diklaim sebagai bir biru alami pertama di dunia ini diproduksi oleh Abashiri Brewery di Hokkaido, Jepang. Dalam Bahasa Jepang, ryuhyou berarti lempengan es yang terapung.

Untuk menguatkan kesan dingin tersebut, bir ini memakai tulisan Okhotsk (sebuah laut yang berbatasan dengan pulau Hokkaido) Blue di labelnya. Warnanya memang biru neon, membuat alam bawah sadar kita berpikir bahwa minuman ini sejenis racun.

Padahal tidak. Ryuhyou Draft dibuat seperti bir biasa serta ditambahkan pewarna alami dan Chinese yam, sejenis ketela yang jika diparut menjadi berlendir putih. Menurut situs Rocket News 24 (17/05/13) rasanya enak, crisp, dan menyegarkan dengan 'gigitan' yang pas.

Tak hanya biru, Abashiri juga menjual bir berwarna oranye, merah, hijau, dan pink. Di situs resminya, bir aneka warna ini dijual dengan harga 2.520 yen (Rp 251.000) untuk isi enam dan 5.040 yen (Rp 503.000) untuk isi 12 botol bir ukuran 330 ml.

Sumber: food.detik.com