Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batal Dipindah ke Jakarta, ISG Digelar di Palembang
Oleh : Surya
Selasa | 02-07-2013 | 21:43 WIB
agung_laksono1.jpg Honda-Batam

Menko Kesra Agung Laksono

JAKARTA,  batamtoday - Pemerintah membatalkan pemindahan pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG)dari Riau ke Jakarta karena tak kunjung mendapat respon Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk dibuatkan Keputusan Presiden (Keppres).


Dalam rapat yang dipimpin Menko Kesra Agung Laksono di Kantor Kemenkokesera, Selasa (2/7), dan dihadiri Menpora Roy Suryo dan pihak-pihak terkait, akhirnya pelaksanaan ISG dipindah Palembang, Sumatera Selatan.  ISG akan digelar pada 11 September sampai 1 Oktober 2013.

"Keputusan tersebut sudah dilalui pertimbangan yang matang dari berbagai unsur, termasuk panitia pusat. Saya kira Palembang sudah siap untuk penyelenggaraaan even internasional apalagi bekas digunakan untuk SEA Games 2011 lalu. Jadi ini adalah keputusan yang terbaik dari berbagai pihak," kata Agung.

Menpora Roy Suryo mengatakan, pelaksanaan ISG sebenarnya sudah diputuskan dipindah ke Jakarta sesuai permintaan  Islamic Solidarity Sports Federation (ISSF) di markasnya di Jeddah, Arab Saudi.  Namun, ternyata ada keputusan lain membatalkan Jakarta menggantikan Pekanbaru sebagai pelaksana ISG. 

"Alhamdulilah hari ini keputusan pelaksanaan ISG sudah tercapai, dan hasilnya ISG akan dilaksanakan dengan waktu yang sama 11 September - 1 Oktober di Palembang, Sumatera Selatan. Kami dari Kemenpora mengucapkan terima kasih kepada Riau yang sebelumnya sudah mempersiapkan diri untuk pelaksanaan event ini, begitu juga dengan Jakarta yang juga menyatakan siap menjadi pelaksana ISG. Jadi ini merupakan keputusan yang terbaik," kata Roy Suryo.

Perubahan final ini tetap memerlukan Keppres, dan disebut kedua menteri tersebut akan segera keluar. Mengenai dana, Roy menyebut angka Rp 131 miliar.

"Kita akan secepatnya bekerja untuk hasil keputusan ISG di Palembang nanti. Mengenai masalah anggaran saya umumkan bahwa anggaran untuk ISG dari APBN yakni Rp 131 miliar sesuai penghematan," katanya.

Editor : Surya