Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Agar Tahan Hingga 3 Minggu, Simpan Telur Dalam Kulkas
Oleh : Dodo
Selasa | 02-07-2013 | 12:13 WIB

BATAM - Beberapa hari lagi bulan Ramadhan akan tiba. Untuk menghemat biaya dan waktu, banyak orang membuat stok bahan makanan. Mulai dari bumbu masakan, daging, gula dan beras. Termasuk telur ayam yang harganya semakin melonjak.

Saat ini harga telur ayam semakin meroket dan bisa makin meningkat saat bulan Ramadhan nanti. Jika berencana menyetoknya sebaiknya perhatikan cara berikut agar kualitas telur tetap terjaga.


1. Membeli telur

Saat membeli telur, sebaiknya pilih yang disimpan dalam suhu dingin. Bisa dalam suhu ruang atau di dalam lemari es. Biasanya kualitas telur akan jauh lebih baik.


2. Buka kemasan

Jika telur yang dibeli dikemas dalam karton, sebaiknya buka dahulu kemasannya. Hal ini bertujuan untuk memastikan kebersihan dan mencegah keretakan pada kulit telur.


3. Cuci telur

Bercak kotoran pada kulit telur sering kali menempel, disebut juga dengan bakteri salmonella. Untuk menghindari penyebaran bakteri ke makanan lain, telur perlu dicuci menggunakan air mengalir sebelum disimpan.


4. Simpan dalam lemari es

Setelah dicuci bersih, telur bisa langsung disimpan dalam lemari es. Sebaiknya letakkan telur dalam posisi berdiri dan bagian telur yang lebih lebar diletakkan di bawah. Cara ini bertujuan agar posisi kuning telur tetep berada di tengah-tengah.


5. Masukkan telur dalam karton

Saat menyimpan telur dalam lemari es, sebaiknya sertakan dengan karton atau kemasan telur. Dengan begitu telur jadi lebih awet dan kualitasnya terjaga hingga tiga minggu ke depan.

Sumber: food.detik.com