Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemerintah Anggap Lumrah Kenaikan Harga Sembako Jelang Peringatan Hari Keagamaan
Oleh : Ali
Selasa | 02-07-2013 | 11:44 WIB

BATAM, batamtoday - Kenaikan sejumlah kebutuhan pokok akhir-akhir ini disebut sebagai tradisi pada saat menjelang hari keagamaan.

"Menjelang puasa dan Idul Fitri, kebutuhhan komoditi pokok mengalami peningkatan. Hal ini merupakan hal yang lumrah terjadi setiap tahun," ujar Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam Amsakar Achmad saat sidak ke Pasar Botania, Batam Centre, Selasa (2/6/2013).

Dari hasil sidak yang dilakukan oleh Tim Pengendali Inflansi Daerah Kota Batam, terdiri dari Disperindag Kota Batam, Bank Indonesia Batam, Bulog, BP Kawasan, BPS serta SKPD terkait, menemukan kenaikan harga kebutuhan pokok sebesar 1 persen karena menjelang Ramadhan dan Idul Fitri dan 2 persen dikarenakan dampak dari kenaikan harga BBM.

Adapun sejumlah kebutuhan pokok yang terpantau mengalami kenaikan di pasar tersebut yakni cabai merah dari Rp 30 ribu per kilogram kini menjadi Rp 36 ribu, bawang putih dari Rp 22 ribu naik menjadi Rp 26 ribu.

Sementara untuk harga telur juga mengalami kenaikan dari Rp 27 ribu per papan isi 30 butir menjadi Rp 33 ribu. Daging impor Rp 60 ribu, harga saat ini masih berkisar Rp 65 ribu per kilogram.

Editor: Dodo