Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Keju Lebih Asin Jika Dimakan dengan Pisau
Oleh : Dodo
Kamis | 27-06-2013 | 12:04 WIB
cheese.jpg Honda-Batam
Keju.

BATAM - Peralatan makan seperti sendok dan garpu berperan penting. Selain sebagai alat ternyata alat makan bisa membentuk pengalaman makan berbeda. Warna dan beratnya memberi kesan berbeda pada makanan.

Seperti dilansir dari Daily Mail (26/6/2013), studi menunjukkan bahwa warna dan berat alat makan yang digunakan memiliki pengaruh besar pada apa yang seseorang pikirkan tentang sebuah masakan. Studi ini dilakukan para akademisi Universitas Oxford di Inggris.

“Mengubah peralatan makan bisa mempengaruhi pengalaman makan seseorang dan tampilan makanan itu sendiri,” ujar peneliti utama, Vanessa Harrar.

Contohnya, keju terasa lebih asin saat dimakan menggunakan pisau dari pada menggunakan garpu atau tusuk gigi. Begitu pula dengan yoghurt yang tampak lebih padat dan mahal saat disajikan dengan sendok plastik ringan.

Ketika diuji dengan sendok garpu berwarna, partisipan penelitian menganggap yoghurt putih terasa lebih manis dan mahal dibandingkan yoghurt pink yang dimakan dengan sendok putih. Tapi ketika sendok hitam dipakai, yoghurt pink dianggap lebih baik.

Sementara itu, sendok berwarna biru membuat yoghurt pink terasa lebih asin dibandingkan yoghurt putih. Laporan dalam jurnal Flavour menunjukkan, kita memiliki respon emosional terhadap warna dan pengalaman yang berasosiasi dengan warna atau makanan.

“Warna makanan terlihat berbeda tergantung dari latar belakang makanan tersebut dipresentasikan. Seperti penggunaan warna piring atau sendok garpu. Karenanya pula, rasanya berbeda” ujar Harrar.

Psikolog Charles Spence juga menyarankan untuk menghindari warna merah, karena bisa menghilangkan selera makan orang.

Ia menambahkan, cara mudah untuk membuat kesan yang baik pada makanan ialah penggunaan alat makan, seperti sendok dan garpu yang berat.

“Alat makan yang berat dikaitkan dengan makanan yang lebih baik, dan mereka akan berpikir bahwa mereka diberi pelayanan terbaik,” ujar Spence.

Penelitian sebelumnya menunjukkan, minuman dalam gelas berwarna biru atau hijau, dinilai lebih menyegarkan.

Sumber: viva.co.id