Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sopir Mabuk, Truk Pengangkut Sampah Nyemplung ke Laut
Oleh : Berton Siregar
Rabu | 26-06-2013 | 11:36 WIB
lokasi-truk-nyemplung-pelabuhan-sagulung.jpg Honda-Batam
Lokasi tempat terjunnya truk pengankut sampah milik Bunga Permata di Pelabuhan Sagulung.

BATAM, batamtoday - Satu orang belum ditemukan setelah sebuah truk pengangkut sampah bernomor polisi BP 8580 DC nyemplung ke laut di Pelabuhan Sagulung, Rabu (26/6/2013) dini hari tadi.

Truk milik CV Bunga Permata itu terjun ke laut setelah enam awaknya menenggak minuman keras yang mereka beli di Mitra Mall, Batuaji.

Keenam awak itu, Ryko Luman Toruan (33) selaku sopir, bersama anak buahnya yakni Haryanto Lumban Gaol, Rido Situmeang (kernet), Alvian Simarmata, Andi Sinaga dan Wellis Situmeang asik mabuk di dermaga Pelabuhan Sagulung.

Akhmad, kapten KM Jabal Rahman yang bersandar di pelabuhan tersebut menuturkan keenam orang itu mabuk sejak tengah malam tadi, namun tak dihiraukannya.

Sekitar pukul 03.30 WIB, tiba-tiba terdengar suara benturan yang membuat paraa awak kapal terbangun. Diketahui ternyata truk pengangkut sampah itu menerjang pembatas dermaga dan menabrak KM Jabal Rahman, sebelum akhirnya terjun ke laut.

"Awalnya saya tak tahu apa penyebab kapal saya rusak, baru saya melihat ke laut, ada mobil yang terjun," ujarnya.

Dia mengatakan lima awak truk sampah bisa diselamatkan setelah anggota TNI AL yang bertugas di pelabuhan tersebut sigap memberikan pertolongan. Namun hingga kini ada satu awak truk, Wellis Situmeang, yang belum ditemukan.

"Untung saja bapak angkatan laut ada, kalau tidak, bisa mati semua tuh orang" ujar Ali warga sekitar.

Sampai saat ini pencarian terhadap truk yang tenggelam ini masih dilakukan oleh tim penyelam dari Direktorat Polair Polda Kepri, dibantu dengan penyelam tradisional.

Editor: Dodo