Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Chrysler akan Tarik 2,7 Juta Jeep
Oleh : Dodo
Kamis | 20-06-2013 | 12:17 WIB

NEW YORK - Chrysler setuju untuk menarik 2,7 juta unit Jeep yang berisiko mengalami kebakaran tanki bensin.Persetujuan ini diberikan setelah perusahaan itu sebelumnya menolak permintaan pemerintah AS.

Chrysler mengatakan mereka telah mencapai kesepakatan dengan Badan Keamanan Jalan Raya Nasional (NHTSA). Penarikan itu akan dilakukan pada Jeep Grand Cherokee produksi 1993-2004 dan Jeep Liberty dari 2002-07, demikian BBC melaporkan.

Chrysler memastikan bahwa kendaraan-kendaraan itu tidak bermasalah, tetapi mengatakan faktor keamanan adalah "pertimbangan utama."

Perusahaan tersebut juga mengatakan masing-masing penjual akan melakukan inspeksi kendaraan dan jika diperlukan, memperbaiki struktur bagian belakang untuk meningkatkan keamanan saat terjadi tabrakan dengan kecepatan rendah.

Awal bulan ini, NHTSA meminta Chrysler agar dengan suka rela menarik Grand Cherokee dan Liberty, dan mengatakan jika mobil itu ditabrak dari belakang, tanki bahan bakar akan bocor dan memicu api.

NHTSA juga mengatakan lokasi tanki merupakan kesalahan desain.

Badan itu mengklaim memiliki bukti bahwa sebanyak 51 orang tewas dalam 37 kasus kebakaran akibat benturan di bagian belakang mobil.

Saat itu, Chrysler mengatakan tidak berniat menarik kendaraan mereka.

Namun dalam pernyataan hari Selasa, perusahaan itu mengatakan, "Analisa data Chrysler Group memastikan bahwa kendaraan-kendaraan ini tidak bermasalah dan merupakan salah satu yang paling aman di kelasnya.

"Meski pun demikian, Chrysler Group menyadari bahwa masalah ini telah menimbulkan kecemasan konsumen dan ingin melakukan tindakan lebih lanjut, dengan bekerja sama bersaam NHTSA, untuk memberikan tindakan lanjutan demi meningkatkan keamanan kendaraan."

Sumber: BBC