Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepri Dukung Penguatan Infrastruktur Amdal

Pembangunan, Pertumbuhan Ekonomi dan Menjaga Lingkungan Harus Seimbang
Oleh : Roni Ginting
Rabu | 19-06-2013 | 15:45 WIB

BATAM, batamtoday - Menteri Lingkungan Hidup Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, M.B.A menegaskan bahwa pembangunan harus tetap memperhatikan lingkungan.

"Tugas kita adalah wajib memastikan pembangunan, pertumbuhan ekonomi dan menjaga lingkungan harus tetap balance atau seimbang," kata Balthasar dalam seminar penguatan infrastruktur Amdal untuk meningkatkan efektifitas izin lingkungan di Hotel Swissbell, Harbour Bay Batam pada Rabu (19/6/2013).

Sehingga pihaknya berharap masukan dari pemerintah daerah seluruh Indonesia menyusun langkah hukum secara adil dan konsisten. Sehingga, pemberian kewenangan dan tanggungjawab ke daerah untuk mengelola sumber daya alam lingkungan hidup dapat ikut memberikan sumbangan kepada kekuatan ekonomi nasional.

"Maka dari itu, saya berharap izin Amdal ini dapat disusun dengan baik dengan tetap memperhatikan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup secara efektif," ujarnya.

Sementara, Wakil Gubernur Provinsi Kepri Soerya Respationo memaparkan bahwa kerusakan lingkungan hidup disebabkan proses alam dan akibat ulah tangan manusia.

"Ulah manusia yang hidup di bumi berperan besar merusak lingkungan. Akan tetapi manusia juga berperan menjaga dan merawat kelestarian lingkungan hidup yang ada di bumi," kata Soerya.

Sehingga pemerintah perlu menyusun rumusan lingkungan yang baik. Sehingga kerusakan alam akibat aktivitas manusia dapat diminimalisir. Dicontohkannya, aktifitas tambang untuk kepentingan industri yang perlu disertai dengan izin Amdal yang baik.

"Saya mendorong agar rapat kerja ini dapat menghasilkan aturan teknis yang baku," ujar Soerya.

Editor: Dodo