Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Klinik Kemasan Bantu Pengusaha Kecil di Lingga Tembus Pasar Global
Oleh : Juhari
Jum'at | 14-06-2013 | 10:17 WIB
klinik-kemasan,-pembinaan-UKM,-IKM.-di-Dabosingkep.jpg Honda-Batam
(Foto: Juhari/batamtoday)

LINGGA, batamtoday - Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Lingga membuka Klinik Kemasan untuk membantu para pengusaha kecil agar produknya bisa menembus pasar global.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop Lingga, Zulfikar mengatakan keberadaan Klinik Kemasan tersebut didasari banyaknya pelaku UKM dan IKM di daerah tersebut yang belum memahami ketentuan takaran maupun kemasan produk.

Selain itu, banyak juga pelaku UKM dan IKM yang belum bisa memenuhi permintaan pasar akibat keterbatasan peralatan dan bahan baku.

"Padahal secara potensi sangat menjanjikan dan bisa bersaing di pasar global," kata Zulfikar, Jumat (14/6/2013).

Sehingga, Klinik Kemasan yang diperkuat dua petugas penyuluh lapangan ini nantinya akan memberikan pelatihan kepada pelaku usaha, terutama mengenai kemasan, pemasangan label dan akurasi takaran sehingga produknya bisa menarik dan bersaing.

Sementara, Zafrinaldi, konsultan diagnosis IKM dari Disperindagkop Lingga menyebut kendala yang sering dihadapi pelaku usaha adalah keterbatasan bahan baku.

"Seperti 'Kerupuk Rota' produksi Mak Wing di Sungai Buluh yang mampu menembus pasar Jakarta. Produk ini tak dapat memenuhi permintaan pasar yang tinggi karena keterbatasan bahan baku," kata dia.

Pembinaan terhapa 12 pelaku UKM dan IKM di Singkep dan Singkep Barat  melalui Klinik Kemasan ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan produksi sekaligus memunculkan produk Lingga agar lebih dikenal konsumen.

Editor: Dodo