Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

MCSS, Program PT PLN Batam untuk Permukiman Tak Resmi
Oleh : Gokli
Rabu | 12-06-2013 | 09:41 WIB

BATAM, batamtoday - Multi Curah Sementara Spesifik (MCSS), salah satu program PT PLN Batam untuk mengaliri arus listrik sebagai penerangan ke permukiman tak resmi yang tersebar di sejumlah lokasi Kota Batam.

Senior Manajer Komunikasi PT PLN Batam, Agus Subekti, mengatakan program MCSS tersebut berlaku untuk penghuni permukiman tak resmi yang ada di Batam. Program PT PLN Batam itu dapat diperoleh melalui badan usaha, seperti koperasi atau badan usaha lainnya yang dibentuk oleh warga itu sendiri.

"MCSS ini hanya ada di Batam, dan satu-satunya program PT PLN Batam mengaliri listrik ke permukiman tak resmi," kata dia, kemarin.

Adapun syarat untuk mendapatkan aliran listrik ke ruli lewat program MCSS, kata Agus, warga terlebih dahulu membuat kesepakatan bersama, selanjutnya membentuk badan usaha, harus ada izin dari pemilik lahan, dan membuat biaya investasi yang dibebankan kepada pelanggan.

Setelah melengkapi syarat tersebut, PT PLN Batam akan mengalirkan arus listrik ke titik sentral. Dari titik sentral tersebut, pihak pengelola yang dibentuk warga dapat menyambungkan aliran listrik ke rumah warga atau permukiman tak resmi dari titik sentral.

"Instalasi dari sentral ke permukiman tak resmi merupakan tanggungjawab pengelola. Sementara tanggungjawab dari hanya menyambungkan ke titik sentral dengan daya beban sebesar 53 KVA," jelasnya.

Biaya tarif, lanjut Agus, dari sentral ke PT PLN Batam sesuai dengan aturan dan tidak ada penambahan. Sementara dari titik sentral ke rumah warga tergantung kesepakatan pengelola dan warga itu sendiri.

"Lebih baik menggunakan program ini daripada harus melakukan pencurian arus. Pengurusannya mudah saja dan tetap akan dibantu oleh PT PLN Batam," sebutnya.

Data dari PT PLN Batam, program MCSS ini sudah berjalan di 10 titik lokasi permukiman tak resmi yang ada di Batam. Diharapkan penghuni lainnya yang belum mendapat aliran listrik dapat memanfaatkan program tersebut.

Editor: Dodo