Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemanasan Global Akan Lampaui 2 Derajat Celcius
Oleh : Dodo
Sabtu | 01-06-2013 | 11:51 WIB

VICTORIA - Tim peneliti dari Australia berhasil memersempit ruang prediksi pemanasan global dan perubahan iklim. Dalam penelitian terbaru yang dirilis pekan ini, Dr Roger Bodman dari Victoria University dan Professor David Karoly dan Peter Rayner dari University of Melbourne telah menghasilkan apa yang mereka klaim sebagai prediksi peningkatan suhu bumi yang lebih akurat pada 2100.

Hasil penelitian mereka yang telah diterbitkan dalam jurnal Nature Climate Change menyimpulkan, kenaikan suhu bumi melampaui 6 derajat Celcius pada akhir abad ini tidak akan terjadi. Namun tim peneliti menyimpulkan, kenaikan suhu bumi di atas 2 derajat Celcius kemungkinan besar akan terjadi jika dunia tidak mampu secara drastis mengurangi peningkatan emisi gas rumah kaca.

Kesimpulan ini diambil melalui metode baru yang menggabungkan pengamatan emisi CO2 dan variasi suhu global menggunakan simulasi perubahan iklim sederhana guna memrediksi peningkatan suhu bumi pada masa datang.

Menurut Profesor Karoly, hasil penelitian ini semakin memerkuat urgensi aksi yang tegas guna mengatasi perubahan iklim. “Hasil penelitian kami menegaskan kembali pentingnya upaya pengurangan emisi gas rumah kaca secara signifikan guna meminimalisir bahaya perubahan iklim dan mencegah kenaikan suhu bumi di atas target 2 derajat Celcius,” ujarnya.

Dr Bodman adalah peneliti dari Centre for Strategic Economic Studies di Victoria University, sementara Profesor Karoly dan Professor Rayner bekerja di School of Earth Sciences dan ARC Centre of Excellence for Climate System Science di University of Melbourne.

Sumber: Hijauku.com