Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bank Mutiara Buka di Batam, Fokuskan Pendapatan dari Layanan Banknotes
Oleh : Sherlyna
Kamis | 30-05-2013 | 14:47 WIB
mutiara-BAnk-1.jpg Honda-Batam
(Foto: Sherly/batamtoday)

BATAM, batamtoday - Bank Mutiara kembali membuka cabangnya, dan kali ini kota Batam menjadi salah satu target yang ke-62 cabang Mutiara Bank yaitu di Jalan Imam Bonjol Blok E-42, Kamis (30/5/2013).

Dalam peresmian tersebut hadir Komisaris Bank Mutiara, Pontas Riyanto Siahaan, Wakil Wali Kota Batam Rudi, Ketua DPRD Provinsi Kepri Nur Syafriadi, Deputi Bank Indonesia, perwakilan bank di Batam dan nasabah Bank Mutiara.

Pontas dalam sambutannya bahwa kota Batam adalah cabang ke-62 Bank Mutiara yang ada di Indonesia, dan untuk selanjutnya target Bank Mutiara adalah Balikpapan.

"Melalui dibukannya cabang Batam ini sebagai salah satu upaya strategis Bank Mutiara untuk meningkatkan pendapatan dan kali ini kami tingkatkan melalui pelayanan banknotes," kata Pontas.

Pontas juga berharap agar Batam sebagai kota yang paling banyak usaha-usaha asing dan dengan fokus pembiayaan usaha kecil, menengah ke atas.

Sementara, Direktur Utama Bank Mutiara Sukoriyanto Saputro yang didampingi Direktur Ahmad Fajar dan Direktur Benny Purnomo menyatakan bahwa operasional Bank Mutiara di Batam merupakan bagian dari rencana bisnis strategis perseroan dalam meningkatkan fee based income, khususnya dari bisnis mata uang asing (banknotes).

"Bisnis banknotes menjadi salah satu kontributor utama pendapatan non bunga Bank Mutiara, dengan tingkatan rata-rata transaksi jual beli valas mencapai USD 4-6 juta per hari, dengan selisih kurs jual beli yang kompetitif menempatkan Bank Mutiara sebagai salah satu bank pilihan para pelaku usaha penukaran uang mata asing atau money changer," kata Sukoriyanto..

Untuk pengembangan bisnis yang sudah dilakukan oleh Bank Mutiara saat ini untuk penyaluran kredit sepanjang 2013 sudah mencapai Rp12,9 triliun, yaitu tumbuh hingga 16, 41 persen dari tahun 2012 sebanyak Rp11,15 triliun.

"Untuk simpanan masyarakat alias dana pihak ketiga sepanjang 2013 ini mencapai Rp14,76 triliun tumbung hingga 9,6 persen dari tahun 2012, sehingga total aset perseroan pada April 2013 diperkirakan mencapai Rp16,81 triliun yaitu 10,3 persen dari total aset 2012 sebesar Rp15,24 triliun," kata Sukoriyanto lagi.

Sedangkan Rudi juga menyambut baik atas cabang Bank Mutiara yang kini hadir di Batam.

"Dengan kehadiran Bank Mutiara di Batam saya berharap perkembangan usaha ekonomi di Kota Batam bisa terus meningkat dan dapat mengembangkan setiap usaha-usaha yang ada," kata Rudi.

Editor: Dodo