Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disperindag Tingkatkan Operasi Pasar Jelang Kenaikan Harga BBM
Oleh : Gokli
Kamis | 30-05-2013 | 09:19 WIB
Amsakar1.jpg Honda-Batam
Kepala Disperindag Kota Batam, Amsakar Achmad.

BATAM, batamtoday - Dinas Perindustrian dan Perdangangan (Disperindag) Kota Batam akan meningkatkan operasi pasar menjelang kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

Kepala Disperindag Kota Batam, Amsakar Achmad, Rabu (29/5/2013) mengatakan, operasi pasar itu dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan inflasi tidak terlalu siknifikan. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pendistribusian sembako murah langsung kepada masyarakat.

"Kenaikan nampaknya sudah positif, tetapi masih menunggu pembahasan APBN Perubahan selesai," ungkap Amsakar.

Saat ini, lanjutnya, kenaikan harga BBM ini sedang dibahas di DPR RI, dan iika sudah ditetapkan, daerah tinggal menjalankan. Hanya saja, masalah kompensasi kepada masyarakat belum jelas.

"Pada tataran inplementasi tidak terlalu ruwet, daerah hanya menjalankan saja. Sosialisasi harga tinggal tempel di setiap SPBU," katanya lagi.

Seperti diketahui, kenaikan harga BBM untuk jenis solar sebesar Rp1.000 per liter. Sementara Premium mengalami kenaikan sebesar Rp2 ribu per liter. Sehingga, harga eceran Solar di setiap SPBU mencapai Rp5.500 per liter dan Premium Rp6.500 per liter. Namun, hingga saat ini belum diperoleh kepastian kapan penyesuaian harga BBM bersubsidi ini diberlakukan.

Amsakar menambahkan, jika kenaikan harga BBM ini sudah ditetapkan, maka di Batam harga ini akan langsung dijalankan, seiring dengan pembagian dana kompensasi kepada masyarakat berupa BLSM.

Editor: Dodo