Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

9 Warga India Segera Dideportasi
Oleh : Hendra Zaimi
Rabu | 29-05-2013 | 12:28 WIB

BATAM, batamtoday - Imigrasi Klas I Khusus Batam segera mendeportasi sembilan warga negara India yang sebelumnya berhasil ditangkap petugas di Hotel Bali karena melanggar batas izin tinggal (overstay).

"Sembilan WN India akan kita deportasi," kata Kepala Imigrasi Klas I Khusus Batam, Yudi Kurniadi kepada wartawan, Rabu (29/5/2013).

Menurut dia, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan Kedutaan India di Jakarta untuk mendapatkan kepastian untuk memulangkan kesembilan WN India ke negara asal mereka.

"Dubes India sedang kita hubungi untuk proses deportasi ini," tegasnya.

Kesembilan WN India saat ini ditahan di Kantor Imigrasi Batam sambil menunggu hasil pemeriksaan karena telah melanggar Pasal 78 ayat UU No 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 11 warga negara India diamankan petugas Imigrasi Klas I Khusus Batam di Hotel Bali, Selasa (21/5/2013) sekitar pukul 16.30 WIB, karena diduga melebihi batas izin tinggal (overstay) yang diberikan Imigrasi Batam.

Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Imigrasi Klas I Khusus Batam, Rafli, mengatakan, penangkapan terhadap 11 WN India ini berdasarkan informasi masyarakat dan pemantaun di lapangan selama beberapa hari terakhir.

Setelah melakukan penyelidikan dan berkoordinasi dengan resipsionis hotel, akhirnya petugas Imigrasi langsung melakukan penangkapan terhadap kesebelas WN India itu.

Dari hasil pemeriksaan sementara, lanjut Rafli, dua WN India tidak terbukti melebihi izin tinggal sebab Visa on Arrival (VoA) masih berlaku dan kemudian dilepas.

Masih kata Rafli, keterangan dari WN India itu mereka menunggu mendapatkan pekerjaan di salah satu perusahaan di Batam, saat ini pihak Imigrasi Batam mencari keberadaan pihak agen dan perusahaan tersebut.

Kesembilan WN India yang diamankan itu, antara lain Deendayal (28), Saran Haarpret Singh (26), Gurmukh Singh (20), Janpal Singh (25), Saini Khem Chan (24), Bijendra Kumar (29), Dilbakh Singh (25), Sharma Sanwar Mal (45) dan Shyamlal Ratangar (38).

Editor: Dodo