Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perhatikan Usia yang Tepat untuk Belikan Sepeda Motor Bagi Anak
Oleh : Berton Siregar
Kamis | 23-05-2013 | 17:50 WIB
dirlantas-polda-kepri.gif Honda-Batam
Direktur Lalulintas Polda Kepri Kombes Rusdi Hartono.

BATAM, batamtoday - Para orang tua diimbau untuk memperhatikan dan memilih waktu yang tepat untuk membelikan sepeda motor bagi anaknya. Sebab jika tak diperhatikan akan berdampak negatif bagi perkembangan anak.

"Banyak orangtua memberikan kasih sayang kepada anak mereka dengan memberikan motor, padahal usia dan kondisinya sebenarnya belum mampu," ujar Kombes Rusdi Hartono, Direktur Lalulintas Polda Kepri, Kamis (23/5/2013).

Menurutnya, jika pemberian sepeda motor itu tidak pada usia yang tepat maka akan rawan penyalahgunaan, seperti dengan maraknya geng motor saat ini.Geng motor itu terjadi karena lepas kontrolnya orangtua, namun untuk Batam sendiri sampai saat ini menurutnya masih dalam tahap normal, dan masih sebatas klub motor dari berbagai jenis kendaraan yang ada.

Himbauannya kepada masyarakat terlebih buat orangtua, supaya tidak memberi kasih sayang dengan menuruti kemauan anak, apalagi dengan motor.

"Kebanyakan dari anggota geng motor itu dari para ABG atau remaja, yang memiliki kendaraan, pada hal ketentuan untuk berkendara adalah usia 17 tahun ke atas" katanya.

Editor: Dodo