Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Angka Lakalantas Meningkat, Keselamatan Berkendara Dikampanyekan
Oleh : Berton Siregar
Kamis | 23-05-2013 | 16:09 WIB
safety-riding-unrika.jpg Honda-Batam
Peserta konvoi 'Safety Riding' dilepas dari depan Kampus Unrika.

BATAM, batamtoday - Meningkatnya angka kecelakaan lalulintas di Indonesia disikapi oleh Direktorat Lalulintas Polda Kepri bersama Jasa Raharja mengampanyekan pentingnya mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

Instansi tersebut membuat satu gelaran bertajuk Safety Riding Goes To Campus yang digelar di Kampus Universitas Riau Kepulauan (Unrika), Kamis (23/5/2013).

"Dengan acara ini diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk berkendara secara aman dan mengutamakan keselamatan sehingga angka kecelakaan lebih dapat ditekan," kata Kombes Pol. Rusdi Hartono, Dirlantas Polda Kepri.

Menurut dia di 2012, korban kecelakaan yang terjadi secara nasional memakan 30 ribu korban meninggal sia sia, atau setara dalam satu jam itu tiga nyawa hilang di jalan raya. Sementara di Kepri, 216 jiwa pertahun meninggal  kebanyakan di bawah umur 26 tahun.

"Melihat angka kenaikan inilah yang kita minimalirkan, baik sehingga lewat tingkat TK, sampai Perguruan Tinggi, kita akan sampaikan bagaimnana cara berkendara yang benar," ujarnya.

Dalam acara konvoi yang digelar, Rusdi mengharapkan para peserta safety riding ini, menjadi pelopor dalam berlalu lintas, menunjukkan cara berlalu lintas yang baik, baik dalam kendaraan maupun dari pengendara, sehingga dapat menularkan terhadap khalayak ramai baik keluarga, teman, dan yang melihat.

Editor: Dodo