Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

ABBA Kalahkan The Beatles Dalam Penjualan Album di Inggris
Oleh : Dodo
Senin | 20-05-2013 | 10:16 WIB
abba.jpg Honda-Batam
ABBA. (Foto: Lastfam)

LONDON - Album ABBA, Gold: Greatest Hits resmi menjadi album terlaris kedua sepanjang masa dalam chart penjualan album di Inggris. Pencapaian tersebut didapat setelah album tersebut melampau rekor penjualan album The Beatles Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band.

Koleksi grup musik asal Swedia yang dirilis tahun 1992 tersebut tercatat telah terjual lebih dari 5,1 juta kopi di Inggris. Sedangkan album milik The Beatles tersebut di atas hanya terpaut 15 ribu kopi di bawahnya. Untuk posisi pertamanya, album Greatest Hits Queen (1981) tetap kokoh dengan rekor penjualan 5,9 juta kopi.

Menanggapi pencapaian tersebut, pendiri ABBA sekeligus penulis lagunya, Björn Ulvaeus mengungkapkan rasa terkejutnya kepada Official Charts Company. "Rasanya tak nyata, mengungguli album terbaik sepanjang masa!" tuturnya.

Direktur Official Charts Company, Martin Talbot menambahkan bahwa ABBA sejak lama telah disukai publik Inggris. Oleh karenanya pencapaian ini tidaklah mengherankan.

"Masyarakat Inggris telah lama mencintai dengan Agnetha, Bjorn, Benny dan Anni-Frid sejak mereka menang dalam Eurovision Song Contest di Brighton, 39 tahun lalu. Jadi mungkin kecintaan mereka mereka telah terkumpul dalam beberapa tahun terakhir," tambahnya.

Album legendaris ini telah memuncaki chart Inggris selama 8 pekan sejak dirilis 21 tahun lalu. Dua album lainnya yang melengkapi lima besar album terlaris adalah 21 (Adele) dan What's the Story (Oasis).

Salah satu lagi ABBA, The Winner Takes It All.

Sumber: KapanLagi.com