Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wan Prestasi, PT Saipem Didemo Ratusan Buruh Subkon
Oleh : Khoiruddin Nasution
Senin | 20-05-2013 | 08:52 WIB
demo-saipem.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Aksi unjuk rasa ratusan buruh subkon PT Saipem menuntut pembayaran sisa kontrak.

KARIMUN, batamtoday - Ratusan buruh subkon PT Saipem melakukan aksi demo di pintu gerbang PT Saipem, Senin (20/5/2013).

Aksi itu dilakukan akibat ingkar janji (wan prestasi) yang sebelumnya dilakukan PT Saipem dengan 3 perusahaan sub kontraktornya, dengan tujuan melakukan sisa pembayaran kontrak kerja (berpariasi-red) yang akan dibayarkan pada tanggal 17 April 2013 lalu.

Namun, sampai saat ini semua pihak yang melakukan perjanjian di atas materai itu, tidak membayarkan kewajibannya. Padahal perjanjian itu disaksikan Kadisnaker Karimun dan pihak kepolisian.

Koordinator demo, Maysen Lumban Raja mengatakan aksi ini merupakan gabungan dari 4 sub kontraktor PT Saipem. Diantaranya PT Burliev Maritama Jaya (BMJ), PT DJ Korindo, PT Rajawali dan PT Tri Link.

"Jadi pihak yang menandatangani adalah  binatang. Sebab kalau manusia, omongannya yang dipegang," kesalnya.

Yel-yel yang dikumandangkan para buruh begitu beragam disampaikan. Bahkan, hujatan pedas, terlontar begitu deras dari mulut para pendemo.

"Hari ini semuanya harus dibayar, tidak ada hari esok. Jika sampai hari ini tidak dibayarkan, maka kami akan tetap menunggu di halaman pintu gerbang PT Saipem ini," tegasnya.

Sementara itu, Kabag Operasional Polres Karimun, Kompol Hari Purnomo pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih karena aksi damai yang dilakukan para karyawan. Bahkan katanya lagi, semuanya adalah bersaudara. Sehingga tidak perlu adanya tindakan anarkis.

"Mari sama-sama kita menunggu dengan tertib, hasil perundingan antara perwakilan karyawan dengan pihak manajemen. Kita sama-sama berjanji, jangan ada anarkis. Setuju....," ujarnya yang disambut bersahabat oleh para  pendemo.

Editor: Dodo