Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waspadai Hujan Disertai Petir di Kepulauan Riau
Oleh : Ali
Sabtu | 18-05-2013 | 11:44 WIB

BATAM, batamtoday - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Internasional Hang Nadim, Batam memprediksi cuaca hari ini, Sabtu (18/5/2013) wilayah Kepulauan Riau akan berawan yang menyebabkan hujan yang disertai dengan petir.

Kepala BMKG, Philip Mustamu melalui prakirawan Asri Pratiwi menjelaskan, adanya tekanan udara rendah di sekitar Kepulauan Riau dan kondisi udara atas yang cukup labil mendukung pertumbuhan banyak awan.

"Ditambah dengan kelembapan udara yang cukup tinggi, maka peluang pertumbuhan awan semakin tinggi. Cuaca diperkirakan berawan dan berpeluang hujan yang terkadang disertai petir," terangnya.

Kondisi cuaca seperti ini, tambahnya, masih kondusif untuk aktifitas transportasi darat dan udara. Sedangkan untuk aktifitas kelautan dihimbau agar berhati-hati terhadap arus laut yang cukup kuat di perairan Natuna.

Adapun perakiraan cuaca yang terjadi di Batam, Tanjungpinang, Bintan, Kabupaten Karimun dan Lingga di pagi harinya mengalami berawan yang disertai hujan ringan, pada siang hari berawan disertai hujan dan pada malam harinya terjadi berawan.

Untuk Batam diprediksi arah angin dari selatan disertai kecepatan angin 4 hingga 30 km/jam, dengan tinggi gelombang 0,3 hingga 1,0 meter. Untuk wilayah Tanjungpinang dan Bintan kecepatan angin 4 hingga 32 km/jam, untuk tinggi gelombang setinggi 0,3 hingga 1,0 meter.

Sedangkan Tanjung Balai Karimun kecepatan angin 3 hingga 28 km/jam, tinggi gelombang 0,2 hingga 0,7 meter dengan arah arus laut E, kecepatan 5 cm/s. Dan Lingga arah angin  dengan kecepatan angin 3 hingga 29 km/jam. Tinggi gelobang 0,2 hingga 0,8 meter dengan arah angin dari tenggara kecepatan 7 km/jam.

Adapun untuk wilayah Natuna di pagi hari cuaca akan mengalami berawan, sedangkan pada siang dan malam harinya akan terjadi berawan disertai hujan ringan.

Dengan arah angin, SW yang disertai kecepatan angin 3 - 30 km/jam, suhu udara 24 hingga 32 cc, kelembapan udara 60 hingga 95, tinggi gelombang 0,2 hingga 0,7 meter, kecepatan arus laut 14 cm/s.

Dan untuk wilayah Anambas pagi dan malam hari terjadi berawan, sedangkan pada siang hari terjadi berawan disertai hujan. Dengan arah angin SW dengan kecepatan 4 hingga 32 km/jam. Tinggi gelombang 0,4 hingga 1,0 meter dengan kecepatan arus laut 14 cm/jam.

Editor: Dodo