Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Karet di Lingga Anjlok Akibat Hujan
Oleh : Juhari
Jum'at | 03-05-2013 | 15:15 WIB
tanaman karet.jpg Honda-Batam
(Foto: Istimewa)

LINGGA, batamtoday - Harga komoditas karet mentah di Lingga anjlok hingga menyentuh Rp 7 ribu per kilogram seiring turunnya hujan di wilayah tersebut. Kondisi ini membuat sejumlah petani karet mengeluh.

Para pengumpul karet di Singkep dan Singkep Barat mengaku hanya berani membeli dengan harga rendah, lantaran kualitasnya menurun jika diguyur hujan.

"Kita hanya berani beli Rp 7 ribu saja, kualitasnya tak bagus kalau terkena hujan," kata Kimin, seorang pengumpul karet di Singkep, Jumat (3/5/2013).

Diakui Kimin, harga karet yang dibelinya memang turun drastis hingga mencapai 40 persen jika dibandingkan dalam cuaca normal.

Sementara itu, para petani karet mengaku tak bisa berbuat apa-apa karena kondisi ini memang pengaruh cuaca dan alam. "Kami harap cuaca segera bersahabat karena kalau harga karet turun maka sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," kata Rudi, petani karet di Singkep, dengan wajah memelas.

Rudi yang merupakan petani penggarap ini hanya mendapat bagian dari pemilik dengan perbandingan 70:30, dengan asumsi jika sehari berhasil menderes 10 kilogram maka dia dapat bagian sebanyak 7 kilogram.

Editor: Dodo