Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Rangking Pelaporan Emisi Perusahaan Dunia
Oleh : Dodo
Jum'at | 03-05-2013 | 10:36 WIB

LONDON -Perusahaan-perusahaan terbesar di dunia gagal melaporkan emisi gas rumah kaca (GRK) dengan benar dan terverifikasi. Hal ini terungkap dari penelitian terbaru yang dilakukan oleh Environmental Investment Organisation (EIO) yang dirilis Rabu (1/5/2013) lalu.

Dari 800 perusahaan terbesar di dunia yang diteliti, hanya 37 persen yang melaporkan data emisi GRK secara komplet dan sesuai dengan standar global. Tim peneliti juga menemukan, hanya 21% dari 800 perusahaan terbesar dunia yang laporan data emisi gas rumah kacanya terverifikasi.

Hasil penelitian ini adalah seri terakhir dari Rankings and Reports yang diterbitkan oleh EIO. Sebelumnya, EIO telah menerbitkan rangking 300 perusahaan terbesar di Eropa, Amerika Utara, Asia Pasifik, negara anggota BRICS dan 100 perusahaan terbesar di Inggris.

“Saat ini dunia tengah beralih ke model (ekonomi) rendah karbon. Sangat penting bagi kita untuk memiliki pusat data emisi gas rumah kaca dari perusahaan-perusahaan terbesar di dunia yang konsisten, terverifikasi dan reliabel,” ujar Sam Gill, CEO Environmental Investment Organisation.

Sepuluh perusahaan yang menempati peringkat pelaporan emisi karbon terbaik dalam skala global (Carbon Ranking Leader Award 2013 Global 800) adalah: BASF (1), Swisscom (2), BCE (3), Singapore Telecom (4), Telefonica (5), BT Group (6), France Telecom (7), Deutsche Telekom (8), Telecom Italia (9) dan Vodafone Group (10).

Untuk wilayah Amerika Utara, 10 perusahaan yang menduduki peringkat teratas dalam Carbon Ranking Leader Award 2013 North America 300 adalah BCE (1), Telus (2), Sprint Nextel (3), AT&T (4), Dell (5), Cisco Systems (6), Biogen Idec (7), Bristol Myers Squibb (8), Amgen (9) dan Symantec (10).

Untuk wilayah Asia Pasifik, kesepuluh perusahaan yang menduduki Carbon Ranking Leader Award 2013 Asia-Pacific 300 adalah Singapore Telecom (1), SK Telecom (2), Telstra (3), Chunghwa Telecom (4), Asustek Computer (5), Stockland (6), CFS Retail Property Trust (7), Capitaland (8), Sony (9) dan Samsung Electronics (10).

Jika dibagi menurut sektornya, 10 perusahaan dengan ranking pelaporan emisi karbon terbaik ditempati oleh Cemig (Energi Alternatif), BASF (Material Dasar), BMW (Industri dan Otomotif), Li & Fung (Produk Konsumen), Roche Holding (Kesehatan), British Sky B Group (Jasa Konsumen), Swisscom (Telekomunikasi), CPFL Energia (Energi), BMF Bovespa (Keuangan), Asustek Computer (Teknologi) dan Amec (Minyak dan Gas).

Peringkat lengkap pelaporan emisi gas rumah kaca perusahaan bisa dilihat dalam tautan berikut ini: Carbon Ranking Leaders.

Sumber: Hijauku.com