Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gandeng PLN, Kementerian ESDM Sosialisasi Penghematan Energi ke Masyarakat Batam
Oleh : Hendra Zaimi
Kamis | 18-04-2013 | 17:06 WIB

BATAM, batamtoday - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerjasama dengan PT PLN Batam menggelar sosialisasi Undang-Undang nomor 30 tahun 2009 tentang ketenagalistrikan dan Inpres nomor 13 tahun 2011 tentang penghematan energi, dalam rangka meningkatkan peran masyarakat untuk terwujudnya penghematan energi di Kota Batam, Kamis (18/4/2013) yang dilaksanakan di Kantor Lurah Sei Jodoh.

Hendra Saleh, salah satu perwakilan dari Kementerian ESDM mengatakan tujuan pelaksanaan sosialisasi ini memberikan pemahanan kepada masyarakat tentang penghematan energi terutama energi listrik yang selalu digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita memberikan pengetahuan kepada masyarakat bagaimana tata cara hemat listrik yang aman dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari," kata Hendra kepada batamtoday.

Menurut dia, selama ini masyarakat hanya melakukan kontrak kerjasama dengan PLN tanpa membaca isi surat perjanjian, namun jika ada kendala seperti terjadinya kebakaran dan tiba-tiba tagihan listrik membengkak selalu PLN yang disalahkan, padahal hal itu disebabkan oleh kelalaian masyarakat.

Berdasarkan perjanjian, lanjut dia, pihak PLN hanya bertanggungjawab atas masalah kelistrikan mulai dari tiang PLN ke meteran, sedangkan untuk didalam rumah semua adalah tanggungjawab pelanggan atau masyarakat.

Hendra mencontohkan, selama ini masyarakat selalu membeli steker listrik yang murah tanpa memikirkan apakah barang yang dibeli sesuai dengan kekuatan daya listrik yang digunakan, sehingga mudah atau gampang terjadi kebakaran.

"Akibat kurangnya pengetahuan tentang kelistrikan sehingga sering pemicu kebakaran dan ini hampir terjadi di seluruh Indonesia," terangnya.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan agenda ketiga di tahun 2013 ini, dimana sebelumnya Kementerian ESDM telah melaksanakan di Provinsi Jawa Barat dan Banten, ke depan acara serupa akan dilaksanakan di Provinsi Sumatera Barat.

"Di Kepri kita laksanakan di Batam, yakni di Kecamatan Batuampar dan Batuaji," katanya mengakhiri.

Editor: Dodo