Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Serentak Dilaksanakan di Berbagai Daerah

KPU Gelar Jalan Sehat Sosialisasikan Pemilu 2014
Oleh : si
Minggu | 07-04-2013 | 13:51 WIB

JAKARTA, batamtoday - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar gerak jalan sehat, Minggu (7/4/2013), untuk menyosialisasikan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Jujur 2014.



Gerak jalan sekaligus merangkul masyarakat agar berpartisipasi aktif dalam pesta demokrasi itu, juga dilaksanakan serentak di berbagai daerah.

Jalan sehat dimulai sekitar pukul 07.00 WIB dengan start Monas dan diikuti ribuan peserta, termasuk anggota KPU, KPU DKI, Ketua Umum Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie, Ketua DPD Irman Gusman, Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan, dan jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan kegiatan ini menjadi salah satu upaya mengingatkan masyarakat untuk aktif mengawasi pemilu mendatang dan menggunakan hak pilihnya.

Husni menjelaskan, tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu Legistatif 2009 hanya mencapai 71 persen. Karena itu, berbagai upaya perlu dilakukan untuk menaikkan tingkat partisipasi tersebut dengan menumbuhkan kepercayaan masyarakat atas pelaksanaan Pemilu.

Sebelumnya ia mengatakan KPU telah memperkirakan kenaikan partisipasi pemilih pada Pemilu Legislatif 2014 sekitar empat persen saja.

Ketua DPD RI Irman Gusman menilai gerak jalan sehat KPU yang diadakan dalam menyosialisasikan Pemilu 2014 itu,  merupakan upaya meminimalisir jumlah pemilih golput dalam mengikuti pemilu.

"Banyak kejadian pemilu kadang banyak kasus, partisipasi publik rendah, ini pelajaran buat kita dan ini kita dorong, supaya mengadakan sosialisasi, karena 2014 masa transisi," kata Irman.

Dia menambahkan dengan diadakannya kegiatan acara gerak jalan sehat KPU di seluruh wilayah Indonesia, diharapkan partisipasi masyarakat dalam mengikuti pemilu bertambah dari pemilu sebelumnya.

"Supaya partisipasi masyarakat tinggi, apa yang dilakukan mereka memantau supaya kualitas lebih baik, dan penyelanggara pemilu ke depan lebih baik," katanya.

Menurut nya banyak hal yang harus terus diperbaiki, guna mengurangi dampak buruk dari pemilu seperti bentrokan antar pendukung. Untuk itu acara gerak jalan sehat yang diadakan KPU diseluruh Indonesia ini perlu dimaksimalkan.

Acara gerak jalan tersebut juga mendapatkan rekor dari Museum Rekor Indonesia (Muri) dengan kategori jumlah peserta gerak jalan terbanyak dalam menyongsong pemilu.

 "Masuk rekor muri karena serentak diadakan di Indonesia," katanya.

Editor : Surya