Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sudah 1.000 Lebih BPKB Sementara Dikeluarkan Ditlantas Polda Kepri
Oleh : Ali
Kamis | 04-04-2013 | 22:38 WIB
bpkb-sementara.jpg Honda-Batam
Direktur Lalulintas Polda Kepri Kombes Rusdi Hartono menunjukkan salah satu BPKB sementara yang telah ditandatanganinya.

BATAM, batamtoday - Direktorat  Lalulintas Polda Kepri menyatakan sudah menerbitkan ribuan lembar Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) sementara.

"Sejak seminggu lalu dikeluarkan BPKB sementara untuk roda dua dan roda empat, sudah sebanyak 1.000 lebih yang saya tandatangani langsung," ujar Direktur Lalulintas Polda Kepri, Komisaris Besar Rusdi Hartono, Kamis (4/4/2013).

BPKB sementara yang dikeluarkan dengan masa berlaku selama 6 bulan ini menyikapi habisnya stok BPKB kosong. Pengadaannya menunggu proses tender di Korlantas Mabes Polri.

Kekosongan stok BPKB ini sendiri bukan hanya terjadi di Kepri, melainkan juga di sejumlah wilayah di Indonesia. "Kemungkinan pada bulan Juli 2013 ini BPKB aslinya sudah bisa kita terbitkan," terangnya.

Sehingga, pada saat BPKB yang asli telah keluar, masyarakat yang memiliki kendaraan dengan BPKB sementara langsung bisa mendatangi Samsat Kepri untuk atau Polda Kepri untuk mengambilnya.

"Sudah terprogram secara otomatis, sehingga nantinya jika masyarakat mengambil, langung bisa diketahui identitas pemilik. Dan harus orang yang bersangkutan yang datang mengambil BPKB yang asli," terangnya.

Terkait legalitas BPKB sementara, Dirlantas Polda Kepri ini memastikan memiliki kekuatan hukum yang sama hingga proses BPKB asli diterbitkan.

Editor: Dodo