Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

75 CPNS Anambas Bakal Ikuti Diklat Prajabatan
Oleh : Emmi Wati
Kamis | 04-04-2013 | 16:44 WIB
prajab.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

ANAMBAS, batamtoday - Sebanyak 75 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Anambas formasi tahun 2010, dalam waktu dekat akan mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat) Prajabatan.

Dari 75 CPNS Anamabas tersebut, 72 diantaranya direncanakan mengikuti diklat prajabatan selama 27 hari, dari 30 April-27 Mei, bertempat di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Batam. Sementara 3 lainnya akan menjalani pelatihan di Balai Diklat Jawa Timur selama 24 hari.

"Diklat Prajabatan ini merupakan salah satu syarat bagi CPNS untuk diangkat menjadi PNS. Baik itu golongan II maupun III," kata Seketaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Anambas, Rusmanda kepada wartawan, Kamis (4/4/2013).

Rusmanda menjelaskan, untuk golongan III ada sebanyak 72 orang CPNS yang akan menjalani prajabatan di Bapelkes Batam. Sedangkan golongan II sebanyak 3 orang, di Balai Diklat Jawa Timur selama 24 hari.

Saat ini, BKD sendiri sedang mendata serta menyurati para CPNS tersebut agar mempersiapkan diri. Sementara bagi CPNS yang sedang hamil, tidak diperkenankan untuk mengikuti LPJ. Sebab, selama Diklat berlangsung peserta tidak hanya diberikan materi dalam ruangan melainkan juga di luar ruangan (out bond).

"Diklat pra jabatan antara golongan II dan III tidak bisa kita gabung karena ada aturannya. Berhubung golongan II hanya 3 orang, maka kita cari daerah yang menyelenggarakannya dan kemungkinan di Balai Diklat Jatim," jelas Rusmanda.

Menurut Rusmanda, seluruh CPNS nantinya akan diberangkatkan dengan menggunakan kapal cepat (ferry) VOC Batavia dari Pelabuhan Tarempa menuju ke Tanjungpinang dan selanjutnya bergerak ke Batam. Selama pelatihan, mereka akan dibekali oleh narasumber yang ahli di bidangnya.

Editor: Dodo