Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liga Champions Eropa

Nyonya Tua Tumbang di Allianz Arena
Oleh : Dodo
Rabu | 03-04-2013 | 10:58 WIB

MUNICH batamtoday - Bayern Munich menang 2-0 saat menjamu Juventus pada perempat final Liga Champions 2012/13 leg pertama di Allianz Arena. Bayern mengakhiri catatan impresif Juventus, menjadi tim pertama yang mengalahkan La Vecchia Signora di Eropa musim ini, sekaligus menapakkan satu kaki mereka di empat besar.

Laga di Jerman, Rabu (3/4/2013), berjalan ketat. Namun, gol cepat David Alaba di menit awal dan finishing Thomas Muller di babak kedua memastikan kemenangan sang raksasa Bavaria. Hasil ini juga membuat streak lima kemenangan tanpa kebobolan Juventus dalam lima laga terakhir di Liga Champions musim ini menguap tanpa sisa.

Namun, sukses pasukan Jupp Heynckes harus dibayar cukup mahal dengan cederanya Toni Kroos di paruh pertama.

Secara keseluruhan Bayern sedikit lebih unggul dalam hal penguasaan bola. Akan tetapi, mereka jauh lebih gencar membombardir pertahanan lawan. Dari 22 shot, 9 di antaranya on target, 2 membuahkan angka.

Gol pertama Bayern tercipta hanya dalam hitungan detik setelah kick-off. Memanfaatkan operan Bastian Schweinsteiger, bek kiri Alaba melepas sebuah tendangan jarak jauh yang membentur Arturo Vidal, mengecoh Gianluigi Buffon, dan bersarang di gawang Juventus.

Masuknya Robben menggantikan Kroos yang cedera membuat serangan Bayern kian hebat. Namun, tidak ada gol lagi yang tercipta hingga jeda.

Di babak kedua, tepatnya pada menit 63, gawang Buffon kembali bergetar. Kali ini, Muller memaksimalkan assist Mario Mandzukic untuk membawa Bayern unggul 2-0.

Keputusan pelatih Antonio Conte memasukkan Mirko Vucinic dan Sebastian Giovinco, yang sama-sama sempat diragukan kebugarannya, tak terlalu memberi pengaruh positif bagi Juventus.

Hingga peluit panjang, Juventus hanya punya 2 shot on target lewat Vidal, tapi semuanya bisa dimentahkan oleh Manuel Neuer di bawah mistar.

Bayern pun berada di posisi nyaman, sedangkan Juventus harus membalikkan defisit dua gol pada return leg di Juventus Stadium 11 April mendatang jika ingin melangkah ke semifinal.

Namun, La Vecchia Signora harus mewujudkannya tanpa Vidal dan Stephan Lichsteiner, yang mendapat kartu kuning di Allianz Arena.

Sumber: bola.net