Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pagar Nusa Kabupaten Bintan Gelar Kenaikan Tingkat
Oleh : Arjo
Selasa | 02-04-2013 | 17:44 WIB
Pencaksilat-Pagar-Nusa.jpg Honda-Batam
Pagar Nusa Bintan saat menggelar uji kenaikan tingkat.

TANJUNGUBAN, batamtoday - Puluhan anggota Ikatan Pencak Silat Nahdatul Ulama (NU) Pagar Nusa Kabupaten Bintan mengikuti uji kenaikan tingkat, di halaman Masjid Besar Baitul Ma’mur Tanjunguban, Bintan Utara, Senin (1/4/2013) malam.

Abdul Fattah selaku Dewan Pendekar Pagar Nusa mengatakan uji kenaikan tingkat di dalam pencak silat ini, menjadi syarat bagi seluruh anggota guna meningkatkan kemampuan.

Selain itu untuk mennetukan tingkatan jurus yang sudha dikuasai oleh anggota, sebagai patokan kesenioran dalam tubuh organisasi pencak silat.

"Anggota wajib mengikuti ujian tingkat, untuk menentukan jenjang atau tingkatan dalam organisasi," katanya, Selasa (2/4/2013).

Sementara itu, Syamsurizal ketua Pengurus Cabang (PC) Pagar Nusa Bintan,  juga menyampaikan, kegiatan tersebut  juga salah  satu  unsur dakwah Islamiyah, dalam menjaga dan membentengi diri melalui syiar agama.

Menurutnya  nusa dan bangsa yang merupakan suatu kewajiban bagi setiap warga negara, untuk menjaga keutuhannya dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Melalui dakwah Islamyiah,  untuk menjaga keutuhan Ibu Pertiwi, menjadi salah satu kewajiban," imbuhnya.

Sebelum menggelar uji kenaikan tingkat tersebut, seluruh anggota dan para dewan pendekar mengikuti acara pembacaan Tahlil dan Dzikir Asmaul Husna, agar para anggota lebih fokus dalam menghadapi ujian.

" Kita juga menyuguhkan sejumlah atraksi, guna mengurangi ketegangan anggota sebelum mengikuti tahapan materi yang diujikan," tambahnya.

Editor: Dodo