Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menpora Tunda Pelaksanaan ISG di Riau
Oleh : si
Senin | 01-04-2013 | 19:29 WIB

JAKARTA, batamtoday - Pemerintah akhirnya memutuskan menunda pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) yang seianya digelar pada 6-17 Juni 2013 di Pekanbaru, Riau, hingga bulan Oktober 2013.


Penundaan diakibatkan ketidaksiapan Pemprov Riau dalam menyelenggarakan even olahraga negara-negara Organisasi Konferensi Islam (OKU) itu, seperti masalah pendanaan, sarana dan prasana, serta kasus hukum yang membelit Gubernur Riau Rusli Zainal.

Kepastian penundaan disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo di Jakarta, Senin (1/4/2013). 

"Saya sudah mendapatkan laporan dari KOI, Gubernur Riau Rusli Zainal, dan tim teknis dari Kemenpora. Inti laporannya agar mengundurkan penyelenggaraan ISG dengan beberapa pertimbangan," kata Menpora.

Menurut Roy, ada sejumlah poin yang menjadi pertimbangan agar pelaksanaan ISG sebaiknya ditunda hingga Oktober agar tidak memalukan pemerintah Indonesia.

"Misalnya soal adanya lelang atau tender peralatan yang diselenggarakan 45 hari ke depan, berarti kalau diukur dari sekarang maka selesai lelang kemudian saat digunakan waktunya tinggal sepuluh hari lagi. Waktunya terlalu mepet," jelas Roy.

Ia melanjutkan, pemerintah juga tidak mau mengubah aturan dengan menerbitkan peraturan pemerintah atau peraturan menteri untuk percepatan ISG karena itu bisa mengakibatkan gugatan.

Selain itu masih ada masalah prinsip dalam penyelenggaraan ISG yang belum ada solusinya hingga saat ini.

"Soal stadion utama untuk pembukaan dan penutupan kita tahu masih ada tunggakan yang belum dibayarkan. Meskipun mekanisme pembayarannya ada, pihak yang mengeksekusi tidak berani memastikan apakah itu bisa dicairkan atau tidak, sehingga ini sangat berbahaya," katanya.

Selanjutnya Roy akan meminta kepada panitia lokal dalam hal ini Gubernur Riau yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana daerah ISG agar mengatur semua persiapan untuk pengunduran waktu pelaksanaan ISG.

"Jadi kemungkinan pelaksaan ISG baru bisa dilaksanakan pada Oktober dengan mempertimbangkan kalender untuk bulan Ramadhan dan memperhitungkan terjadinya pergantian pimpinan daerah di Riau pada bulan September," kata Menpora.

Roy berharap dengan diundurnya pelaksanaan ISG maka persiapan akan menjadi lebih baik dibandingkan memaksakan dengan kondisi yang tidak siap. Namun, ia belum bisa menyebut tanggal pastinya.

"Untuk tanggal masih akan rapat dengan KOI dan panitia penyelenggara," kata Roy.

Editor : Surya