Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SP3 Tak Disepakati Jadi Alasan Jamsostek Putus Kerjasama dengan RSBK
Oleh : Hendra Zaimi
Senin | 01-04-2013 | 16:33 WIB

BATAM, batamtoday - Kantor Cabang PT Jamsostek Persero Batam I terpaksa memutuskan hubungan kerjasama secara sepihak terhadap RS Budi Kemuliaan, sebab tak memiliki titik temu terkait jalinan kerjasama dengan sistem paket pembayaran pelayanan (SP3) terhitung per tanggal 1 April 2013.

Dengan SP3 ini, para peserta Jamsostek tidak akan lagi dikenakan biaya-biaya lain jika mereka melakukan perobatan melalui layanan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) yang diberikan Jamsostek ke rumah sakit yang telah menjalin hubungan kerjasama, sebab setiap bulannya peserta Jamsostek sudah ditarik iuran tersebut.

"Sampai hari ini kita belum memiliki titik temu terkait sistem SP3 dengan RS Budi Kemuliaan, untuk sementara waktu kita hentikan kerjasama ini sampai ada kesepakatan lanjutan nantinya," kata Kepala Kantor Cabang PT Jamsostek Persero Batam I, Darmadi kepada batamtoday.

Namun dalam prakteknya, hal itu tetap saja terjadi, padahal sudah sejak per 1 Desember 2012 lalu Jamsostek Batam sudah membicarakannya permasalahan tersebut kepada pihak RS Budi Kemuliaan yang telah berkerjasama selama ini namun tetap belum mendapatkan hasil keputusan.

Darmadi mencontohkan seperti penyakit Jantung, untuk penyakit ini pihaknya sudah memberikan batas biaya mulai dari tarif terendah hingga  tarif teratas. Namun terkadang ada rumah sakit yang mengaku hal tersebut tidak cukup, sehingga ke depannya terjadilah beberapa obat yang tetap disarankan untuk dibayar oleh pihak rumah sakit.

"Contoh seperti inilah yang kami hindari dengan sistem SP3. Kami ingin setiap peserta Jamsostek yang dirujuk ke rumah sakit, sudah tidak lagi dikenakan biaya, kecuali peserta tersebut minta pelayanan lebih seperti fasilitas kelas layanan dan itupun paling peserta hanya membayar selisihnya saja," terangnya.

Selain RS Budi Kemuliaan, pihak Jamsostek juga melakukan pemutusan hubungan sementara dengan RS Awal Bros Batam. Untuk sementara pelayanan kesehatan ini akan dialihkan ke RS BP Kawasan, RS Harapan Bunda dan RSIA Mutiara Aini.

"Kami menghimbau kepada peserta Jamsostek untuk bisa mendapatkan pelayanan kesehatan ketiga rumah sakit yang telah Jamsostek tersebut," kata Darmadi mengakhiri.

Editor: Dodo