Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Direktur RSBK Benarkan Jamsostek Putus Kerjasama Via Telpon
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 01-04-2013 | 15:25 WIB
rsbk.jpg Honda-Batam
Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK) Batam. (Foto: mw1.google.com)

BATAM, batamtoday - Dindin H. Nadim, Direktur Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK) Batam membenarkan PT Jamsostek melakukan pemutusan hubungan kerjasama pelayanan melalui telpon tanpa bertatap muka.


Pemutusan kontrak kerjasama itu terhitung mulai 1 April 2013 dan baru diberitahukan pada 20 Maret lalu tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

"Seharusnya 30 hari sebelumnya sudah dikasih tahu, tapi kami tidak diberi tahu soal pemutusan ini. Apalagi Jamsostek memberitahukannya hanya melalui sambungan telepon, " ujar Dindin, Senin (1/4/2013) saat dihubungi sejumlah wartawan.

Dindin menyebutkan, kontrak kerjasama RSB dengan Jamsostek berlangsung sejak 2009. Namun memasuki 2013, kontrak perpanjangan kerjasama itu belum diteken kedua belah pihak.

"Dengan cara memutus kerjasama lewat telepon, kita merasa tak dianggap oleh Jamsostek," katanya Dindin

Saat ditanyakan solusi ke depanya dari RSBK akibat pemutusan kerja sama itu, dia menyerahkan kepada pasien agar melakukan konfirmasi langsung ke Jamsostek Batam.

"Jika tidak sepakat dengan harga harus sesuai dengan kesepakatan kerja bersama," ujar Dindin

Sedangkan untuk nilai kerjasama yang diminta Jamsostek untuk 2013, Dindin enggan berkomentar

"Memang Jamsostek minta harga lebih rendah dibanding sebelumnya tapi itu tidak bisa karena tarif di setiap rumah sakit berbeda dan kita sudah punya kerja sama dengan pimpinan Jamsostek yang lama," katanya lagi.

Akibat pemutusan kerjasama secara sepihak oleh PT Jamsostek Batam, ratusan peserta Jamsostek sempat terlantar di RS Budi Kemuliaan karena tidak lagi mendapat pelayanan kesehatan, Senin (1/4/2013) pagi.

Pantauan batamtoday, para peserta Jamsostek ini tampak terkejut dan kecewa, sebab mendadak mereka tak bisa menggunakan fasilitas Jamsostek seperti yang biasa digunakan sebelumnya.

"Saya kaget dan kecewa karena mendadak hari ini kami tak bisa menggunakan fasilitas Jamsostek di rumah sakit ini," kata Nasril, salah seorang peserta Jamsostek, kepada batamtoday di RS Budi Kemuliaan.

Editor: Dodo