Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hujan dan Angin Kencang

Jalan dan Permukiman Warga di Tanjungpinang Tergenang Banjir
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 01-04-2013 | 14:18 WIB
banjir-pemuda-tanjungpinang.jpg Honda-Batam
(Foto: Charles/batamtoday)

TANJUNGPINANG, batamtoday - Hujan lebat yang disertai petir yang melanda kota Tanjungpinang, kembali mengkibatkan ruas jalan dan rumah sejumlah penduduk tergenang banjir, Senin (1/4/2013).


Genangan banjir cukup parah tampak terjadi di Jalan Pramuka, Jalan Pemuda, Jalan Brigjen Katamso, dengan ketinggian air mencapai 50 centimeter. Banjir yang disebabkan hujan lebat ini, juga membawa sejumlah sampah yang mengapung di tengah jalan.

Uni (35), salah seorang pedagang nasi di bilangan jalan Pemuda, mengaku selalu was-was akan banjir setiap hujan turun di Tanjungpinang. Hal itu diperparah dengan rendahnya permukaan ruko kedai nasi yang ditempatinya dari permukaan jalan, hingga membuat banjir menggenangi ruko miliknya.

"Setiap hujan turun kami terpaksa was-was, siapkan papan dan sejumlah alat lainya, untuk menutup printu ruko, agar air dan banjir tidak meluap," ujarnya.

Hal yang sama juga diakui Sandy, pedagang kelontong alat-alat rumah tangga di Jalan Pemuda. Bahakan tidak jarang mereka harus membuat timbunan pasir maupun kayu di depan pelataran rumahnya, agar luapan banjir tidak masuk ke tempat usahanya.

"Kalau tidak pakai penghalang di depan, saat mobil jalan maka luapan air banjir akan masuk ke rumah," kata dia

Akibat banjir musiman setiap hujan turun di Jalan Pemuda, Sandy juga mengaku, selalu mengalami kerugian, baik dari sisi materi, maupun barang-barang perkakas rumah tangga.

Disinggung dengan, upaya yang dilakukan pemerintah, hingga saat ini, warga mengaku belum merasakan adanya upaya, dalam mengurangi maupun menangani permasalahan banjir di Tanjungpinang.

Editor: Dodo